Studi: Makan Telur Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Torie Natalova    •    Sabtu, 26 May 2018 18:55 WIB
jantungkesehatan jantung
Studi: Makan Telur Kurangi Risiko Penyakit Jantung
Studi: Makan Telur Kurangi Risiko Penyakit Jantung (Foto: istock)

Jakarta: Bagi penderita kolesterol, makan telur adalah salah satu makanan yang harus dihindari karena telur dipercaya dapat menaikkan kolesterol yang memicu penyakit jantung. Kini, sebuah penelitian baru justru mengatakan sebaliknya.

Makan hingga satu telur per hari berkaitan dengan risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah. Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Heart mengamati lebihd ari setengah juta orang dewasa di China.

Para peserta melaporkan kebiasaan makan telur dan para ilmuwan menindaklanjuti hingga sembilan tahun, membandingkan konsumsi telur dengan penyakit dan kematian peserta.

Secara khusus, pemakan telur harian memiliki risiko penyakit jantung 11 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak makan telur sama sekali.

Untuk stroke hemoragik atau pendarahan otak, risiko mereka hingga 26 persen lebih rendah jika mengonsumsi telur setiap hari. Studi ini menyimpulkan bahwa makan hingga satu telur per hari terkait secara signifikan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Temuan yang muncul pada tahun 1970-an menyarankan untuk membatasi makan telur dua hingga empat buah per minggu. Kolesterol dalam telur akan menaikkan kadar kolesterol dalam darah sehingga meningkatkan kemungkinan mengembangkan penyakit jantung.

Bagaimana penelitian dapat berubah? Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa meskipun kolesterol dalam telur dapat meningkatkan kolesterol jahat, tetapi telur juga dapat meningkatkan kolesterol baik yang melindungi hati dan meningkatkan kemampuannya untuk mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh.

Terlebih lagi, protein dalam telur membantu mengurangi gula darah dan membantu orang makan lebih sedikit, menjadikannya cara terbaik untuk mengendalikan berat badan Anda. Perlu untuk diingat dalam satu telur besar mengandung sekitar 70 kalori, 6 gram protein dan 5 gram lemak.


 


(ELG)