5 Minuman untuk Mencegah Dehidrasi selain Air Putih

Raka Lestari    •    Selasa, 22 May 2018 11:30 WIB
tips kesehatan
5 Minuman untuk Mencegah Dehidrasi selain Air Putih
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Minum air putih yang cukup menjadi syarat untuk mencegah dehidrasi selama musim panas. Namun, untuk Anda yang bosan dengan air putih, bisa juga mengombinasikannya dengan minuman ini. 

1. Air kelapa

Air kelapa mengandung elektrolit alami termasuk kalium dan natrium, yang merupakan nutrisi utama dalam mengisi dan menghidrasi tubuh Anda.  Elektrolit juga penting untuk fungsi saraf dan otot yang tepat, itulah mengapa atlet meminumnya dalam minuman olahraga. Anda bisa mencampur 1 cangkir air kelapa dengan 1 cangkir jus segar favorit Anda untuk membuat tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. 

2. Es loli dari jus segar

Anda bisa coba membuat es loli dari buah-buahan segar seperti kiwi, strawberry, jeruk, dan buah lainnya untuk tetap menjaga tubuh Anda terhidrasi.  Blender atau jus beberapa buah-buahan yang banyak mengandung air, kemudian masukkan kedalam cetakan es krim dan beri tangkai agar mudah untuk memakannya ketika sudah mengeras. 

3. Teh herbal

Beberapa jenis teh mungkin malah bisa menyebabkan dehidrasi, namun berbeda dengan teh herbal. Caranya bisa dengan menghaluskan beberapa buah dan masukkan kedalam teko berisi teh herbal. Kemudian dinginkan dalam lemari pendingin atau Anda bisa menambahkannya dengan es batu sesuai selera Anda. 

4. Susu

Sebuah studi dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism menunjukkan bahwa atlet yang mengonsumsi susu atau produk berbasis susu memiliki retensi cairan yang lebih baik daripada mereka yang minum minuman olahraga biasa. Plus susu mengandung protein, yang dibutuhkan tubuh Anda untuk mengisi ulang setelah melakukan aktivitas fisik. 

5. Mengganti soda dengan sparkling water

Soda mengandung kafein dan gula yang dapat membuat tubuh Anda mengalami dehidrasi. Solusinya adalah menggantinya dengan sparkling water atau air berkarbonasi. Cukup masukkan lemon atau jus jeruk, atau tambahkan beberapa buah berry ke dalam sparkling water untuk menyegarkan tubuh Anda di musim panas. 






(DEV)