Survivor Kanker Payudara Berbagi Tips Mencegah Mual Usai Jalani Kemoterapi

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 29 Aug 2017 17:09 WIB
kanker payudara
Survivor Kanker Payudara Berbagi Tips Mencegah Mual Usai Jalani Kemoterapi
Ellen Martini, survivor kanker payudara (Foto: Metrotvnews.com/Sri Yanti Nainggolan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Survivor kanker payudara, Ellen Martini mengaku bahwa deteksi dini dan dukungan keluarga menjadi dua hal utama dalam melawan penyakit mematikan tersebut. Wanita 53 tahun tersebut menyadari adanya kanker payudara karena rutin melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) sejak berusia 25 tahun.

"Saya terkena kanker pada tahun 2002 karena menemukan adanya benjolan di payudara. Setelah diperiksa masih dini, yaitu stadium II B," ujar Ellen dalam peluncuran minuman nutrisi Supportan, Selasa (29/8/2017).

Ellen kemudian melakukan pengobatan kanker melalui pengangkatan payudara dengan metode invasif. Selanjutnya, ia melakukan terapi kemoterapi. Lima tahun kemudian, Ellen dinyatakan bersih dari kanker payudara.

"Selama pengobatan, saya mengalami gangguan makan, diantaranya sariawan dan tak nafsu makan karena secara psikologis masih tak bisa terima kalau kena kanker. Saya jadi malas ngomong dan tak banyak gerak," tutur Ellen.

Namun, ia mengaku sangat beruntung karena terus mendapat dukungan dari keluarga.

"Untungnya kakak saya selalu setia mendampingi dan memasakkan saya makanan yang enak, jadi saya tetap bisa makan dan tak perlu diberi makanan tambahan selama pengobatan," tambah Ellen yang mengaku tak mengalami penurunan berat badan sama sekali selama masa pengobatan.

Menurutnya, dokter tidak memberikan pantangan makan apapun sebelum, selama, dan sesudah masa pengobatan hingga kini. Yang terpenting saat itu adalah pasien harus makan se-normal mungkin agar tetap berenergi, sehingga pengobatan dapat berjalan dengan lancar.

"Saya makan normal, tapi lebih memperbanyak buah dan sayur. Selain itu, makan ikan dan ayam yang daging putih. Namun saya juga tetap konsumsi daging merah sampai sekarang," ungkap Ellen.

Selama menjalani masa kemoterapi, Ellen mengaku mengalami mual dan muntah beberapa hari setelah pengobatan tersebut, namun ia diberi saran untuk menghadapinya. Ia pun memiliki trik untuk menghalau mual usai kemoterapi.

"Saya rajin berkumur dengan air kacang ijo yang diseduh air panas, kemudian dikasih garam. Kebiasaan itu membuat saya tetap memiliki nafsu makan dan membantu mengurangi sariawan."

Hingga saat ini, Ellen masih rutin melakukan medical check up  untuk memantau sel kanker dalam tubuhnya dengan cek darah, papsmear, mammografi, USG bagian payudara dan sekitarnya, serta scan tulang.




(DEV)