Curang Sehari dalam Program Diet Bisa Picu Diabetes

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 15 Sep 2017 14:09 WIB
diet
Curang Sehari dalam Program Diet Bisa Picu Diabetes
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients menyebutkan bahwa satu hari dari konsumsi lemak berlebih dapat mengurangi sensitivitas tubuh secara keseluruhan. (Foto: Instagram/Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit orang yang memberlakukan 'hari bebas' dalam program diet dimana satu hari membebaskan diri untuk makan apa saja yang disukai.

Banyak orang yang berpikir, itu bukan masalah besar. Namun, ternyata tak demikian. Ada dua hal yang perlu Anda ketahui bila memberlakukan hari curang dalam proses penurunan berat badan. 

- Mengurangi sensitivitas insulin
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients menyebutkan bahwa satu hari dari konsumsi lemak berlebih dapat mengurangi sensitivitas tubuh secara keseluruhan. 



(Baca juga: 5 Rahasia Sukses Menurunkan Berat Badan)

Sensitivitas insulin adalah bagaimana raksi tubuh terhadapa insulin, hormon yang membuat sel darah menyerap gula darah dalam darah. Jika sensitivitas berkurang, maka tubuh membutuhkan lebih banyak insulin untuk menyerap gula darah. Akibatnya, kelebihan gula darah akan mulai terjadi dalam alrian darah sehingga bisa memicu diabetes.

- Menambah berat badan
Tentunya ini berlawanan dengan tujuan awal. Hal ini dikarenakan dibutuhkan beberapa jam untuk mencerna makanan dan mengebalikan berat badan. Namun, pertambahan tersebut cenderung berasal dari air, bukan lemak. Namun, tetap saja, tambahan 500 kalori setiap minggu dapat menimbun lemak jika tak dibakar. 









(TIN)