Tidur Satu Kamar dengan Hewan Peliharaan Bantu Kualitas Tidur Lebih Baik

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 17 Sep 2017 12:37 WIB
studi kesehatan
Tidur Satu Kamar dengan Hewan Peliharaan Bantu Kualitas Tidur Lebih Baik
(Foto: Daily Mail)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa tidur di ruangan yang sama dengan binatang peliharaan seperti anjing memberi efek baik bagi pemiliknya, namun tidak dengan tidur di kasur yang sama.

"Kami menemukan bahwa tidur bersama binatang peliharaan membuat nyaman dan aman," tukas pemimpin studi Lead author Lois Krahn dari Mayo Clinic di Arizona.

Studi tersebut mengevaluasi pola tidur 40 orang dewasa sehat yang tak mengalami gangguan tidur selama lima bulan. Para partisipan dan anjing mereka menggunakan pelacak aktivitas untuk melihat bagaimana kebiasaan tidur selaam tujuh malam.

Hasilnya, tidur dengan anjing membantu beberapa orang tidur lebih baik, terlepas dari apakah mereka mendengkur atau tidak.

"Hubungan antara orang dan binatang peliharaan telah berubah, dimana kebanyakan orang senang tidur satu kamar dengan binatang pelihataan mereka," tambahnya.

Hal ini dikarenakan mereka ingin memaksimalkan waktu bersama teman berbulu mereka lebih banyak saat berada di rumah dimana bersantai di kamar dan tidur bersama adalah aktivitas yang mudah dilakukan.

Hasil penelitian tersebut semakin melegakan para pemilik hewan dimana tak ada efek buruk yang muncul dari kebiasaan tersebut.


(DEV)