Pola Tidur Teratur Tingkatkan Produktivitas Kerja

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 16 Jun 2017 10:00 WIB
tips kesehatan
Pola Tidur Teratur Tingkatkan Produktivitas Kerja
(Foto: Myhousecallmd)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda memiliki pola tidur yang tak teratur? Anda tahu, pola tidur tak teratur bikin produktivitas kerja Anda menurun.

Sebuah penelitian menemukan, mereka yang memiliki jam tidur rutin cenderung lebih sukses dibandingkan dengan mereka yang tidur di waktu berbeda tiap malam.

Para peneliti dari Rumah Sakit Brigham and Women menyimpulkan, pola tidur teratur sama pentingnya dengan tidur cukup.

Sebuah studi melibatkan 61 mahasiswa Harvard College selama 30 hari mengukur tidur dan ritme sirkadian dimana mereka diminta menuliskan kebiasaan tidur, sebelum dibandingkan dengan performa akademis mereka.

Hasilnya, mahasiswa yang memiliki pola tidur paling buruk memiliki rata-rata nilai akademis terendah.

Tak hanya itu, mereka yang tidur teratur juga cenderung langsung bangun di pagi hari (tidak menunda dengan mematikan alarm) dan terlelap lebih cepat di malam hari tanpa kesulitan.

Sementara itu, alasan mengapa seseorang yang tidur tak teratur sulit untuk cepat terlelap adalah pelepasan melatonin yang tak teratur sehingga susah mengantuk karena jam tubuh (ritme sirkadian) kebingungan.

"Keteraturan tidur adalah faktor penting selain durasi tidur. Penelitian kami menemukan bahwa tidur dan bangun di saat yang sama adalah hal yang sama pentingnya dengan jumlah jam tidur," tukas pemimpin studi  Dr Andrew J. K. Phillip.

Menariknya, meskipun memiliki durasi yang sama, para partisipan memilik jam tubuh yang berbeda.

"Kami menemukan bahwa jam tubuh bergesar sekiat tiga jam pada mereka yang tak memiliki pola tidur teratur dibandingkan dengan merreka yang konsisten," tambahnya.


(DEV)