Bumil Boleh Berpuasa, Asalkan...

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 17 May 2017 15:40 WIB
puasa
Bumil Boleh Berpuasa, Asalkan...
(Foto: Womenadv)

Metrotvnews.com, Jakarta: Keamanan berpuasa bagi ibu hamil masih menimbulkan tanda tanya. Ada yang mengatakan, puasa diperbolehkan asalkan ibu tak mengalami gangguan kesehatan atau mengidap penyakit.

"Bumil boleh berpuasa jika mereka merasa mampu melakukannya, dan yakin tidak membahayakan janin. Namun jika merasa khawatir dengan kesehatan janin, sebaiknya tidak," saran dr Riyan Hari Kurniawan, SpOG dari Bamed Women's Clinic dalam temu media, Rabu 17 Mei 2017.

Ia menjelaskan, kebutuhan nutrisi selama kehamilan harus tetap terjaga, yang mana asupan yang masuk ke dalam tubuh tak boleh kurang dari 2.500 Kkal perhari dengan pembagian 50 persen karbohidrat sebagai zat tenaga, 30 persen protein sebagai zat pembangun yang membentuk organ-organ tubuh utama janin, dan 20 persen lemak sebagai zat pengatur.

Selain itu, pemberian vitamin tambahan bagi bumil juga tak kalah penting, termasuk pemenuhan kebutuhan asam folat, kalsium, dan zat besi.

Untuk bumil yang berada di trimester pertama, puasa dapat dilakukan asalkan tidak mengalami gangguan akibat ketidakseimbangan hormon seperti mual, muntah, lemas, atau pusing.

"Jika mengalaminya, sebaiknya tidak berpuasa dan bila dalam tahap yang parah dikonsultasikan  ke dokter karena itu pertanda dehidrasi dan kurang nutrisi. Kehamilan awal memang tidak selalu normal," tukasnya.

Pada kehamilan kedua, dimana berat badan bumil akan naik 0,5 kg tiap minggu, puasa boleh dilakukan bila kondisi tubuh baik-baik saja. Pola makan yang seimbang tak boleh ditinggalkan  dan berikan tambahan nutrisi dengan minum susu sebelum tidur malam.

Pada fase trimester terakhir, asupan makan harus perhatikan karena pada masa ini janin terus menyempurnakan pertumbuhan organ. Beberapa tips seperti mengawali berbuka puasa dengan air hangat dan makanan manis, konsumsi karbohidrar simpleks (misalnya kolak atau kurma), dan makan secukupnya dapat membantu melengkapi kebutuhan janin.

"Sebelum tidur sebaiknya makan ringan dan minum minuman hangat," tambahnya.

 


(DEV)