Variasi Mengolah Oat agar Lebih Lezat Disantap

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 23 May 2017 07:30 WIB
kalbe nutritionals
Variasi Mengolah Oat agar Lebih Lezat Disantap
Oat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan sangat ampuh menurunkan berat badan (Foto:Livestrong)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gaya hidup sehat harus dilakukan jika ingin kesehatan terus terjaga. Selain rutin berolahraga, tidak merokok dan minum minuman keras, pola makan pun harus diperhatikan.

Oat merupakan salah satu jenis makanan yang bermanfaat bagi tubuh. Oat cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani program diet karena membantu penurunan berat badan. Mengapa? Sebab, oat mengandung serta larut yang terdiri atas beta glucans dan karbohidrat kompleks yang memainkan peran utama dalam proses pencernaan.

Oat merupakan salah satu jenis makanan yang bermanfaat bagi tubuh. Di Indonesia, masih segelintir orang yang memahami manfaat oat bagi tubuh. Beberapa manfaat oat yang sangat dikenal adalah mencegah penyakit kardiovaskular, kandungan lignin pada oat yaitu senyawa kimia yang telah diriset dapat mencegah penyakit jantung. Selain itu, oat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, terutama LDL atau kolesterol jahat. Manfaat lain adalah sangat ampuh menurunkan berat badan. Serat larut dalam oat yang terdiri dari beta glucans dan karbohidrat kompleks memainkan peran utama dalam proses pencernaan.

Melihat manfaatnya bagi tubuh, sudah seharusnya mengonsumsi oat rutin dilakukan. Namun, masih banyak orang yang tidak menyukai oat karena rasanya yang kurang lezat atau malas mengolahnya. Sebenarnya, banyak cara untuk mengonsumsi oat agar terasa lebih lezat.

Berikut ini, lima cara mengonsumsi oat untuk menu sarapan yang lezat dan tentu saja, sehat.

1. Siapkan oat dengan susu skim. Tambahkan potongan apel, pepaya, pisang, dan beberapa butir kacang almond. Jika Anda suka tambahkan juga biji rami dan biji chia ke mangkuk. Kombinasi ini menawarkan rasa yang enak dan menimbulkan rasa kenyang lebih lama sehingga saat jam makan siang tiba, Anda tidak makan berlebihan.

2. Makan oat bersama sayuran juga enak, lho. Caranya, iris dan cuci bersih sayuran, kemudian masukkan ke dalam panci berisi air mendidih. Setelah beberapa saat, tambahkan empat hingga lima sendok makan oat. Agar terasa lebih lezat, Anda bisa menambahkan bumbu penyedap rasa, atau kecap asin, atau keju parut.

3. Jika Anda tidak suka makan oat yang larut seperti bubur, Anda bisa menikmati oat yang dilarutkan dengan sedikit air panas, ditambah sayuran dan sedikit bumbu. Selain sayur, Anda bisa mengganti dengan aneka buah.

4. Menyantap oat bersama telur rebus juga tak kalah enak. Untuk memberikan rasa, tambahkan bumbu rempah.

5. Bagi Anda yang menyukai rasa manis, hindari menambahkan gula ke dalam oat. Sebagai gantinya, tuangkan madu. Untuk menambah selera makan, bubuhkan kacang almond dan biji rami.

Itu menu oat untuk sarapan. Jika Anda ingin mengemil oat di sela waktu makan, Anda bisa memilih oat dalam bentuk batangan (bar). Kini, tersedia Fitbar yang praktis dikonsumsi di mana pun dan kapan pun.

Kandungan oat, whole wheat, dan quinoa di dalam Fitbar membuat tubuh mendapatkan manfaat serat larut, yakni melunakkan tinja sehingga mempelancar BAB. Serat larut juga mengatur kadar gula darah, dan mencegah sakit jantung dengan menurunkan kolesterol. Manfaat lainnya adalah meningkatkan populasi bakteri baik dalam usus. Serat larut membuat rasa kenyang lebih lama, yang akan membantu Anda dalam menjaga berat badan.

Tak cuma rasanya yang enak yaitu rasa chocolate, fruits (dengan kismis asli) dan nuts, Fitbar juga rendah kalori yaitu hanya 90 kkal/saji, sehingga tak perlu khawatir berat badan akan naik.

Fitbar merupakan camilan bebas kolestrol dan trans-fat, serta gandum yang dapat menjaga kesehatan saluran cerna dan kesehatan jantung, kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi, serta vitamin A, B12, dan C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mau ngemil sehat tanpa ribet? Choose Fitbar, snacking with no worry!


(ROS)