Bahaya Terminum Air Kolam Renang

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 20 May 2017 14:03 WIB
kesehatan
Bahaya Terminum Air Kolam Renang
Bahaya Terminum Air Kolam Renang (Pixabay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu aturan yang harus dipatuhi saat berenang adalah tidak memasukkan air kolam renang ke dalam mulut. Hal ini dikarenakan berbagai parasit yang ada dalam kolam renang dapat menyebabkan penyakit dalam tubuh.

Peringatan tersebut semakin digencarkan oleh Centers for Disease Control and Prevention setelah adanya laporan yang menyebutkan bahwa parasit penyebab diare umum Crypto telah menyebarkan wabah diare yang berasal dari kolam renang dan air taman pada tahun 2016.

Meskipun kolam renang dibersihkan secara rutin, Crypto tetap bisa muncul karena dapat bertahan hingga 10 hari di air bersih. Parasit tersebut juga semakin berkembang setelah direndam dalam kadar klorin standar.

Parasit tersebut masuk ke dalam tubuh jika seseorang menelan air yang sudah terkontaminasi dengan feses penderita diare.

Air yang terlihat bersih bukan tak mungkin terkontaminasi dengan feses. Sebuah survei daru Water Quality dan Health Council menyebutkan bahwa satu dari empat penderita diare tak masalah jika berenang.

"Untuk melindungi teman dan keluarga dari penyakit tersebut, jangan biarkan anak Anda yang sedang diare berenang. Lindungi diri Anda dengan cara tak menelan air kolam renang," saran Michele Hlavsa, Kepala Program Renang Sehat CDC.


(ELG)