5 Faktor Risiko Serangan Jantung yang Terlupakan

Raka Lestari    •    Rabu, 06 Sep 2017 08:00 WIB
kesehatan jantung
5 Faktor Risiko Serangan Jantung yang Terlupakan
Anda mungkin tidak menderita penyakit jantung tetapi Anda mungkin memiliki penyakit lain yang bisa membuat Anda berisiko terkena serangan jantung. (Foto: Huffingtonpost.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Faktor-faktor risiko serangan jantung yang umumnya diketahui diantaranya adalah disebabkan karena merokok, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, dan kurang olahraga.

Namun ternyata ada beberapa faktor risiko lain yang dapat juga meningkatkan risiko serangan jantung. Berikut ini adalah 5 faktor yang perlu diingat berpeluang untuk meningkatkan risiko serangan jantung. 



1. Melakukan pekerjaan berat 
Jika seseorang sedang dalam keadaan tidak sehat dan harus melakukan pekerjaan yang berat, secara tiba-tiba, bisa menimbulkan serangan jantung. Orang yang tidak terbiasa berolahraga dan memiliki faktor risiko penyakit jantung, berisiko tinggi.

 

2. Emosi yang kuat
Hal ini berdasarkan pada hasil studi yang menunjukan amarah yang kuat dapat menyebabkan serangan jantung. Rasa terkejut yang tiba-tiba, juga dapat memicu peningkatan denyut jantung dan tekanan darah.

(Baca juga: 7 Tanda Serangan Jantung yang Sering Diabaikan Wanita)



3. Cuaca yang sangat dingin
Ketika cuaca berubah menjadi sangat dingin, bisa menyebabkan pembuluh arteri menyempit sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat. Jika hal ini dikombinasikan dengan aktivitas fisik yang berat, bisa menyebabkan serangan jantung.

 

4. Makan banyak
Jika kita makan dengan porsi yang cukup banyak, dapat juga memicu serangan jantung. Hal ini dikarenakan makanan meningkatkan kadar hormon epinephrine yang dapat meningkatkan tekanan darah dan jantung.



5. Komplikasi
Anda mungkin tidak menderita penyakit jantung tetapi Anda mungkin memiliki penyakit lain yang bisa membuat Anda berisiko terkena serangan jantung.

 









(TIN)