3 Cara Menghindari Efek Depresi Akibat Media Sosial

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 23 Aug 2017 08:00 WIB
psikologi
3 Cara Menghindari Efek Depresi Akibat Media Sosial
Jika Anda membatasi media sosial dan lebih banyak bercengkerama dengan teman di dunia nyata, maka akan lebih banyak pertemuan yang dapat meningkatkan kesejahteraan diri. (Foto: Courtesy of Bruno Gomiero, Public Domain)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kecanduan pada media sosial dapat menyebabkan seseorang mengalami depresi bila tak segera disadari. Penulis infografik 'Bagaimana Mencegah Depresi Media Sosial', Nicola Brown menjelaskan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan secara daring, maka semakin banyak kehilangan yang dirasakan. 

Selain itu, Anda akan mulai membandingkan diri dengan tetangga daring, dimana hal tersebut dapat menyebabkan semakin depresi dibandingkan dengan tetangga di dunia nyata. Padahal, kebanyakan orang hanya menampilkan sisi bahagia dan menyembunyikan sisi suram dalam hidup mereka.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari efek negatif yang ditimbulkan oleh media sosial pada mental.

(Baca juga: Remaja di Australia Gunakan Media Sosial Tinder Sebagai Status Sosial)



1. Batasi waktu
Brown menyarankan untuk menghitung waktu yang dihabiskan pada media sosial setiap hari selama seminggu dan cobalah untuk menguranginya. "Jika Anda menghabiskan dua jam per hari, cobalah kurangi setengahnya," saran Brown.

Kebanyakan orang cenderung memperbarui (refreshing) konten media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram sehingga selalu ada hal baru. Cobalah memblokir komunikais dengan cara menon-aktifkan notifikasi agar tidak mendapatkan informasi terus-menerus.



2. Ubah penggunaan 
Ide untuk mengubah bagaimana penggunaan media sosial dapat menghindari Anda untuk membandingkan diri dengan orang lain. Jika Anda membatasi media sosial dan lebih banyak bercengkerama dengan teman di dunia nyata, maka akan lebih banyak pertemuan yang dapat meningkatkan kesejahteraan diri.



3. Dapatkan sumber informasi di luar dari media sosial

Kebanyak orang mendapat informasi dari unggahan teman, namun hal tersebut dapat mengganggu Anda untuk tetap mendapatkan informasi.

Ketika Anda memisahkan sumber berita dari umpan media sosial, Anda cenderung mencari berita tanpa berpikir atau justru membaca berita palsu. Sebagai gantinya, Brown merekomendasikan untuk membuka situs berita atau publikasi daring favorit, membaca koran, atau mengaktifkan berita di TV. 











(TIN)