Kurang Tidur Bikin Anda Mudah Marah

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 06 Jun 2017 11:19 WIB
tips kesehatan
Kurang Tidur Bikin Anda Mudah Marah
(Foto: healthista)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sering mengantuk dan sulit konsentrasi adalah pertanda umum dari kurang tidur. Namun, ada beberapa pertanda lain yang menunjukkan bahwa seseorang kurang waktu istirahat di malam hari.

Berikut adalah beberapa hal pertanda bah seseorang kurang tidur bila dilihat dari perilaku tak biasa yang dilakukan, seperti dilansir Theheathsite.

1. Selalu lapar

Jika Anda terus mengunyah meskipun sudah kenyang, itu pertanda Anda kurang tidur. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sleep Research menunjukkan bahwa kurang tidur mengaktifkan sistem stres yang dapat meningkatkan rasa lapar dan perubahan hormonal sehingga seseorang cenderung ingin makan makanan yang disukainya.

2. Berat badan bertambah

Masih ada hubungannya dengan poin pertama, makanan yang terus masuk ke tubuh tanpa terkontrol dan tidak dibakar melalui aktivitas fisik dalam menumpuk lemak dan membuat berat badan naik.

3. Sering terbangun

Untuk mereka yang sedang hamil atau memiliki masalah prostat, frekuensi buang air kecil akan lebih besar di malam hari. Hal tersebut akan membuat mereka sering terbangun dan menjadi kurang tidur.

4. Bangun lebih dini

Salah satu alasan seseorang  bangun lebih cepat adalah ritme sirkadian yang mulai memburuk. Umumnya hal ini dialami karena faktor usia dimana tidur malam menjadi terfragmentasi (insomnia) dan bangun menjadi lebih awal dengan perasaan lelah.

5. Mulut kering saat bangun pagi

Mereka yang menderita Obstructive Sleep Apnea (OSA) umumnya terbangun dengan mulut kering karena tidak mendapatkan cukup udara untuk bernapas, dmana pernapasan terhenti sesaat dan mengantuk di pagi hari.

6. Kepala pusing saat bangun

Sakit kepala kronik di pagi hari adalah salah satu pertanda kurang tidur. Tidur yang terpotong-potong dan gangguan tidur juga umunya ditandai dengan pusing saat terbangun di pagi hari.

7. Mudah marah

Kecukupan tidur memengaruhi emosi seseorang. Kualitas dan kuantitas tidur yang buruk menyebabkan seseorang menjadi tempramen.

8. Kehidupan seks menurun

Kurang tidur berpengaruh pada kehidupan seks, terutama pria. Perubahan hormon testosteron yang menurun dapat menyebabkan seseorang mengalami OSA, kurang tidur kronik, dan disfungsi seksual.


(DEV)