Perlunya Variasi pada Makanan Sehari-hari

Raka Lestari    •    Minggu, 29 Apr 2018 19:08 WIB
kesehatanmakanan sehat
Perlunya Variasi pada Makanan Sehari-hari
Perlunya Variasi pada Makanan Sehari-hari (Foto: shutterstock)

Jakarta: Makanan favorit biasanya selalu menjadi pilihan ketika Anda sedang lapar atau menjadi pilihan ketika waktu makan siang tiba. Pemilihan makanan yang tepat  pun perlu diperhatikan.

Meskipun makanan favorit Anda tersebut cukup banyak mengandung gizi, namun variasi dalam makanan sangat diperlukan oleh tubuh Anda. Menurut ahli diet spesialis Nichola Ludlam-Raine kepada The Independent, "Variasi adalah bumbu kehidupan dan meskipun memilih makanan yang sama untuk makan siang itu mudah, itu tidak baik untuk tubuh Anda. Tubuh kita perlu mendapatkan berbagai nutrisi pra/prebiotik yang berbeda sepanjang minggu."

Menurut Ludlam-Raine, sebaiknya Anda menyantap makanan favorit Anda paling banyak dua sampai tiga kali seminggu. Selebihnya Anda harus melakukan variasi terhadap makanan-makanan yang Anda konsumsi, baik itu pada saat sarapan, makan siang, atau bahkan makan malam.

"Sebuah piring yang ideal terdiri dari satu porsi protein, satu genggam karbohidrat, dua genggam sayuran non-tepung dan satu porsi lemak sehat berukuran ibu jari," katanya kepada The Independent.

Memiliki pola makan yang seimbang dan bervariasi juga merupakan kunci kesehatan usus yang baik.Terdapat banyak penelitian yang menunjukkan pentingnya variasi makanan dan serat dalam makanan kita dapat membantu bakteri pada usus kita untuk berkembang.

"Banyak dari kita yang terjebak dalam kebiasaan dan terjebak dalam rutinitas yang mengonsumsi makanan yang sama setiap hari," ujar Ludlam-Raine.

Namun, untuk menambahkan sebanyak mungkin variasi warna yang beragam dalam pola makan Anda sehari-hari. Membuat perubahan kecil seperti menambahkan berbagai buah dan sayuran ke pola makan Anda sehari-hari mungkin akan memiliki pengaruh besar pada kesehatan Anda secara keseluruhan.


 


(ELG)