Enam Kacang yang Cocok Dijadikan Camilan Sehat

Torie Natalova    •    Senin, 01 Oct 2018 14:53 WIB
kesehatan
Enam Kacang yang Cocok Dijadikan Camilan Sehat
Rutin mengonsumsi kenari dapat membatu menjaga kesehatan jantung, hingga menangkal depresi karena mengandung minyak omega-3. (Foto: Monika Grabkowska/Unsplash.com)

Jakarta: Selain buah, kacang bisa jadi alternatif camilan yang menyehatkan. Tapi, Anda bisa saja memilih kacang yang justru dapat memicu masalah kesehatan.

Ada beberapa jenis kacang yang sebaiknya Anda konsumsi sebagai camilan yang menyehatkan seperti kacang chesnut. Kacang ini rendah lemak dan kalori, kaya akan protein, serat dan vitamin E. Chestnut juga satu-satunya kacang yang memiliki jumlah vitamin C yang terukur.

Selain chestnut, enam kacang berikut ini kaya akan nutrisi dan tepat dijadikan camilan setiap hari.

1. Kacang Brazil
Orang-orang di Amazon mengonsumsi kacang Brazil karena padat gizi. Kacang ini kaya protein, karbohidrat dan lemak baik.

2. Kacang Acorn
Kacang acorn memiliki kulit yang sangat keras. Namun, kacang pohon ini penuh dengan protein, lemak sehat dan nutrisi seperti vitamin C, kalsium dan fosfor. Kacang ini juga dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah.


(Pistachio juga dapat membantu mengelola kadar kolesterol dan glukosa darah. Ini berarti kacang pistachio baik untuk penderita diabetes. Foto: Joanna Kosinska/Unsplash.com)

(Baca juga: Meski Berlemak, Kacang Pistachio Menyehatkan)

3. Hazelnut
Kacang ini kaya akan vitamin A dan B, juga serat makanan yang sehat, membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

4. Kenari
Kenari mengandung banyak nutrisi seperti vitamin E, sumber antioksidan, dan lemak sehat. Selain itu, rutin mengonsumsi kenari dapat membatu menjaga kesehatan jantung, hingga menangkal depresi karena mengandung minyak omega-3 yang meningkatkan kadar serotonin di otak.

5. Pistachio
Kacang ini tinggi protein dan serta. Satu ons kacang pistachio akan memberikan Anda jumlah kalium yang sama seperti yang didapatkan dari pisang. Pistachio juga dapat membantu mengelola kadar kolesterol dan glukosa darah. Ini berarti kacang pistachio baik untuk penderita diabetes.





(TIN)