Benarkah Tidak Berolahraga Menyebabkan Selulit?

Raka Lestari    •    Senin, 28 May 2018 14:57 WIB
kesehatan kulit
Benarkah Tidak Berolahraga Menyebabkan Selulit?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Selulit adalah sesuatu yang sangat mengganggu, terutama untuk penampilan. Menurut Votre Beauté magazine, selulit merupakan perpaduan antara air, residu, racun, dan lemak, dan menjadi salah satu masalah kulit paling umum yang diderita wanita. 

Dendy Engelman, M.D., ahli bedah kulit bersertifikat di Manhattan Dermatology and Cosmetic Surgery menjelaskan, sebanyak 93 persen wanita memiliki selulit. Jadi, jangan percaya pada mitos-mitos di bawah ini. 

1. Pria tidak punya selulit

Dr Josh Axe, DNM, CNS, DC, pendiri Ancient Nutrition dan DrAxe.com mendefinisikan selulit sebagai lemak yang berada di bawah kulit, yang sering ditemukan di paha, pinggul, dan bokong, yang akan memberikan tampilan yang mengerut dan berlesung ke permukaan kulit. 

"Wanita lebih sering memilikinya, meskipun secara pasti dapat mempengaruhi kedua jenis kelamin," kata Dr Axe. 

"Selulit cenderung memburuk seiring bertambahnya usia, karena kulit kita menjadi lebih kendur karena hilangnya kolagen dan kehilangan massa otot." 

2. Tidak berolahraga menyebabkan selulit

Dilansir dari Medical News Today, selulit dapat terjadi akibat beberapa hal, seperti hormon, usia, gaya hidup, dan faktor genetik. Tidak berolahraga memang menjadi salah satu pemicu timbulnya selulit, namun tidak selalu.

3. Cardio dapat menghilangkan selulit

Menurut Grace Derocha, seorang ahli diet terdaftar, segala bentuk aktivitas fisik lebih baik daripada tidak sama sekali, tetapi cardio bukanlah satu-satunya cara jika Anda ingin mengurangi kemungkinan memiliki selulit di tubuh Anda. 

4. Hanya orang dengan berat badan berlebihan memiliki selulit

Selulit adalah bentuk lemak subkutan, alias lemak yang hidup di bawah kulit, alias lemak yang merupakan bagian penting dari tubuh manusia. Siapa pun dapat memiliki selulit dan semuanya tergantung pada  keadaan jaringan ikat Anda di bawah kulit.


5. Selulit dapat berdampak negatif pada tubuh Anda

Dr Howard Sobel dari Sobel Skin mengatakan, "secara umum selulit tidak akan memengaruhi kesehatan Anda sama sekali karena itu adalah sesuatu yang dapat didiagnosis sendiri dan diobati sendiri melalui olahraga, makan sehat, dan dalam beberapa kasus, prosedur medis. Namun, jika seseorang memiliki banyak selulit, dan tidak membuat perubahan gaya hidup  untuk memperbaikinya, hal itu bisa menjadi masalah.




(DEV)