Cara Meningkatkan Ingatan Anda

Raka Lestari    •    Rabu, 20 Jun 2018 12:14 WIB
kesehatan
Cara Meningkatkan Ingatan Anda
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam mengingat sesuatu. (Foto: Andrew Neel/Unsplash.com)

Jakarta: Mungkin Anda akan dengan mudah mengingat kejadian-kejadian yang sangat membekas dalam ingatan Anda seperti kenangan tentang masa sekolah, atau kenangan ketika Anda akhirnya wisuda. 

Namun ketika mengingat kejadian-kejadian yang tidak begitu membekas dalam ingatan Anda akan terasa cukup sulit untuk diingat atau hanya mengingat sedikit mengenai kejadian tersebut. 

Dan tentu saja, kemampuan setiap orang dalam mengingat sesuatu akan berbeda-beda. Namun dengan melatihnya mungkin bisa meningkatkan kemampuan mengingat Anda. Dikutip dari NBC News, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam mengingat sesuatu.

1. Tidur malam yang nyenyak
Banyak penelitian yang mendukung fakta bahwa tidur adalah saat-saat yang penting untuk memperkuat dan menyimpan memori. Dan itu berarti kehilangan waktu tidur dan kualitas tidur dapat menghambat prosesnya. The National Sleep Foundation merekomendasikan untuk mendapatkan sekitar 7-9 jam tidur setiap malam untuk kesehatan dan fungsi otak yang optimal. 

(Baca juga: 7 Langkah Meningkatkan Memori Otak)


("Pengulangan membantu membuat informasi melekat di kepala Anda, begitu pula dengan memelajari kembali informasi itu pada hari yang berbeda dalam berbagai pengaturan yang berbeda," ujar Sean Kang, PhD, asisten profesor di Department of Education di Dartmouth College. Foto: Lonely Planet/Unsplash.com)

2. Olahraga rutin
Olahraga secara rutin penting untuk jantung, suasana hati, tidur dan pikiran Anda, terutama bagian dari pikiran Anda yang terlibat dalam memori. Dan American Academy of Neurology merekomendasikan olahraga teratur harus dilakukan oleh orang-orang dengan masalah ingatan ringan agar tidak bertambah buruk atau berubah menjadi gangguan neurologis serius seperti penyakit Alzheimer dan jenis demensia lainnya.

3. Mengulang atau memelajari kembali informasi yang didapat
Psikolog mangatakan bahwa semakin banyak Anda belajar kembali atau mengingatkan diri Anda tentang suatu informasi lagi dan lagi, maka seiring waktu akan semakin baik juga Anda akan mempertahankan informasi itu.

"Pengulangan membantu membuat informasi melekat di kepala Anda, begitu pula dengan memelajari kembali informasi itu pada hari yang berbeda dalam berbagai pengaturan yang berbeda," ujar Sean Kang, PhD, asisten profesor di Department of Education di Dartmouth College. 

4. Mengetes diri sendiri
Menurut Rosalind Potts, PhD, dari University College London bahwa melakukan pengujian terhadap diri sendiri membuat diri Anda berlatih mengambil informasi yang telah Anda pelajari dan membangun koneksi di otak. 

5. Mencoba untuk tetap fokus
Konsentrasi merupakan hal yang sangat penting jika Anda mencoba memelajari sesuatu, kata Kang. "Jika Anda tidak terlalu memerhatikan informasi, kemungkinan Anda menganggap informasi tersebut bukanlah informasi yang perlu dingat dalam jangka waktu panjang."





(TIN)