Manfaat Sari Kentang untuk Kecantikan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 20 Jul 2018 12:32 WIB
kecantikan
Manfaat Sari Kentang untuk Kecantikan
Berikut adalah beberapa masalah kulit yang bisa diatasi dengan kentang. (Foto: Alexandru Zdrob?u/Unsplash.com)

Jakarta: Tak hanya sebagai sumber energi, kentang yang mengandung banyak karbohidrat juga bermanfaat untuk mempercantik kulit. 

Kentang memiliki berbagai nutrisi seperti kalium, tembaga, vitamin dan belerang yang digunakan untuk mengobati masalah kulit secara efektif.

Berikut adalah beberapa masalah kulit yang bisa diatasi dengan kentang beserta caranya, seperti dilansir The Health Site.

1. Mencegah penuaan 
Masker kentang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Campurkan sari kentang dan dadih dengan perbandingan yang sama dalam sebuah mangkok dengan tambahan satu sendok minyak zaitun. 

(Baca juga: Manfaat Kentang untuk Kesehatan Rambut)

2. Mencerahkan kulit
Kentang memiliki sifat memutihkan secara alami, terutama di daerah kulit yang gelap. Campurkan sari lemon dan sari kentang dengan perbandingan yang sama kemudian oleskan pada bagian tubuh yang gelap secara teratur agar efektif. 


(Tak hanya sebagai sumber energi, kentang yang mengandung banyak karbohidrat juga bermanfaat untuk mempercantik kulit. Foto: Hian Oliveira/Unsplash.com)

3. Membersihkan pori-pori
Sebagai pembersih, pori-pori yang kecil pun dapat dijangkau. Campurkan 5 sendok makan sari kentang dan 1 sendok baking soda dalam secangkir air. Aplikasikan campuran tersebut ke kulit secara menyeluruh. 

4. Mengobati mata bengkak
Kentang memiliki efek menenangkan, termasuk pada mata. Campurkan sari kentang dan sari timun dengan takaran yang sama, kemudian aduk rata. Oleskan pada sekitar mata dan tunggu selam 15 menit sebelum dibersihkan. 

5. Memuluskan tekstur kulit
Sari kentang membantu menghilangkan noda, jerawat, dan minyak pada kulit. Oleskan campuran sari kentang dan sari lemon pada kulit secara teratur untuk membuktikannya. 

6. Kurangi minyak pada kulit 
Campurkan parutan halus kentang dengan air mawar dan air beras. Masukkan juga satu sendok jus lemon ke dalamnya, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit. 

7. Melembapkan kulit
Campurkan parutan satu buah kentang dengan dua sendok teh minyak zaitun dan satu sendok teh madu. Diamkan selama 10 menit setelah dioleskan ke wajah. Setelah mengering bilas hingga bersih. 




(TIN)