Empat Jenis Olahraga yang Sebaiknya Dihindari Bumil

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 19 Oct 2018 13:12 WIB
kehamilan
Empat Jenis Olahraga yang Sebaiknya Dihindari Bumil
Sebaiknya bumil tidak mencoba melakukan latihan penurunan berat badan selama kehamilan. (Foto Freestocks.org/Unsplash.com)

Jakarta: Meskipun berbadan dua, olahraga tak boleh dilupakan. Hanya saja, ibu hamil (bumil) sebaiknya lebih bijak dalam memilih aktivitas fisik yang dilakukan agar tak membahayakan janin.

Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang sebaiknya dihindari selama kehamilan.

(Baca juga: Lima Hal yang Harus Dihindari pada Trimester Tiga Kehamilan)

1. Latihan penurunan berat badan
Sebaiknya bumil tidak mencoba melakukan latihan penurunan berat badan selama kehamilan.

Sangat penting bagi bumil untuk bertambah berat badan 11-15  kg selama kehamilan. Pertambahan berat badan merupakan pertanda perkembangan sehat bayi, demikian menurut dokter.

2. Olahraga kontak
Hindari segala macam olahraga kasar karena dapat meningkatkan risiko terkena bagian perut. Oleh karena itu, dokter menyarankan menghindari olahraga seperti itu setelah trimester pertama di mana perut mulai membesar.

3. Kegiatan yang rawan jatuh
Bumil benar-benar harus menghindari aktivitas yang membutuhkan banyak keseimbangan seperti ski dan menunggang kuda. Bahkan mengendarai sepeda di luar ruangan cukup berisiko karena bumil tidak terbiasa menyeimbangkan perut hamil.

4. Olahraga berlebihan
Memaksakan diri ke titik kelelahan dapat meningkatkan kinerja atletik tetapi berbahaya jika dilakukan saat hamil. Hal tersebut dapat menurunkan aliran darah ke rahim dan memengaruhi bayi di dalam rahim.




(TIN)