Do and Don't bagi Penderita Sinusitis

Sunnaholomi Halakrispen    •    Rabu, 23 Jan 2019 13:14 WIB
kesehatansinusitis
Do and Dont bagi Penderita Sinusitis
Berikut ini adalah beberapa hal yang boleh dan tak boleh dilakukan oleh penderita sinusitis. (Foto: Victor Freitas/Unsplash.com)

Jakarta: Sinusitis merupakan penyumbatan yang kemudian menjadi infeksi pada rongga sinus, seperti area hidung. Penyumbatan tersebut dapat terjadi dengan mudah.

Berikut di bawah ini hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh para penderita sinusitis seperti dilansir dari Webmd.

Do

1. Pergi ke sekolah atau bekerja
Penderita sinusitis diperbolehkan pergi ke sekolah maupun bekerja. Penyakit sinusitis tidak menular kepada orang lain, maka Anda dapat bernapas dengan mudah. Anda juga dapat mengerjakan aktivitas normal Anda jika Anda merasa cukup sehat.

2. Tetaplah minum
Minumlah banyak cairan selama serangan sinusitis. Minuman hangat seperti teh herbal bisa menghantam serangan tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa cairan panas dapat membantu menghilangkan hidung tersumbat di hidung Anda.

3. Gunakan kompres hangat
Suhu panas atau hangat dapat meredakan tekanan sinus, membuka saluran yang tersumbat di hidung, dan mengurangi rasa sakit. Caranya, peganglah handuk basah dan letakan di wajah atau hirup uap dari kain. Mandi air panas juga dapat membantu melonggarkan lendir.

(Baca juga: 4 Minyak Aromaterapi untuk Obati Sinusitis)


(Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter Anda tentang berenang bagi penderita sinusitis. Foto: Channey/Unsplash.com)

Don't

1. Jangan minum alkohol
Anda membutuhkan banyak cairan, tetapi hindari minuman beralkohol, seperti koktail, anggur, dan bir. Karena, minuman beralkohol dapat membuat Anda dehidrasi serta menyebabkan sinus dan lapisan hidung membengkak. Jika membengkak, gejala sinusitis dapat semakin memburuk.

2. Berenang
Dalam lama yang sama disebutkan bahwa, hasil studi beragam menunjukkan klorin dalam kolam dapat mengiritasi lorong hidung penderita sinusitis. Jika Anda merasa cukup sehat untuk berolahraga dan ingin berenang, gunakanlah klip penutup hidung.

3. Risiko
Tidak masalah untuk penderita sinusitis berolahraga jika Anda merasa sanggup melakukannya. Namun, ketika berolahraga Anda harus melakukan tindakan pencegahan ekstra.

Pasalnya, sinusitis dapat menyebabkan pusing dan masalah dengan koordinasi. Jadi, jangan angkat beban hingga gejala sinusitis Anda membaik. Jika Anda merasakan tekanan di dada, duduklah sampai Anda merasa lebih baik.




(TIN)