Makanan Camilan yang Sering Dikira Tak Mengandung Kolesterol

Pelangi Karismakristi    •    Kamis, 14 Feb 2019 07:00 WIB
kalbe nutritionals
Makanan Camilan yang Sering Dikira Tak Mengandung Kolesterol
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Banyak orang gemar mencamil makanan yang digoreng, popcorn, kerupuk, dan biskuit. Namun, tak semua orang menyadari bahwa makanan tersebut tinggi kalori dan mengandung lemak trans (trans fat). 

Lemak trans meningkatkan kadar kolestrol jahat (LDL) dalam darah. Tingginya kadar LDL akan meningkatkan potensi serangan jantung. 

Ahli diet klinis dan pelatih kesehatan di University Hospitals of Cleveland Accountable Care Organization di Ohio, Meghann Featherstun, RD, mengatakan, untuk mencegah makan makanan dengan kandungan kolesterol tinggi, ada baiknya bila Anda memeriksa label makanan terlebih dahulu.

"Jika suatu makanan mengandung kurang dari 0,5 gram lemak trans persajian, di dalam label akan tertulis nol trans fat," tutur Featherstun.

Selain makanan tersebut, daging juga cenderung mengandung lemak jenuh yang tidak sehat dan meningkatkan kadar kolesterol. Dalam 3 ons daging mengandung 9,1 gram lemak dan 3,6 gram lemak jenuh.

Beberapa orang juga tak menyadari bahwa produk susu full-fat seperti es krim full-fat, susu murni dan yoghurt full-fat banyak mengandung lemak jenuh. "Sebaiknya pilih produk susu yang bebas lemak, dibuat dengan susu 2 persen atau sebagian skim," kata Featherstun.

Guna mencegah kadar kolesterol jahat melonjak, Featherstun menyarankan Anda untuk makan makanan yang mengandung plant stanol. Ini adalah senyawa alami yang ditemukan pada dinding sel tanaman. "Plant stanol akan mencegah penyerapan kolesterol dalam usus kecil dan dapat menurunkan LDL," ujarnya.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Oktober 2012 pada Lipids in Health and Disease menemukan bahwa makan 9 hingga 10 gram stanol sehari dapat menurunkan kolesterol jahat sekitar 17-22 persen. 

Plant stanol merupakan senyawa alami dari tanaman seperti rye, kedelai, sayur-sayuran, minyak sayuran, nasi, buncis, jagung, gandum, dan lainnya. Anda bisa memetik manfaat plant stanol dengan minum Nutrive Benecol.

Untuk mencapai manfaat maksimal, Anda harus minum dua sajian sehari setelah makan. Ada beberapa varian smoothies dengan rasa enak yang bisa Anda pilih, yakni blackcurrant, strawberry, orange, dan lychee. Tersedia pula Nutrive Benecol Cereal dengan rasa yang lezat yaitu vanilla veggie mix dan chocolate. Nutrive Benecol, cara enak usir  kolesterol!



(ROS)