Manfaat Konsumsi Zinc bagi Tubuh

Raka Lestari    •    Sabtu, 02 Feb 2019 13:00 WIB
kesehatantips kesehatan
Manfaat Konsumsi Zinc bagi Tubuh
Manfaat Konsumsi Zinc bagi Tubuh (Foto: gettyimages)

Jakarta: Zinc merupakan salah satu mineral yang diperlukan tubuh. Zinc juga merupakan trace mineral yang berarti hanya perlu mengonsumsi jumlah yang sangat kecil untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

"Zinc sering diabaikan karena dibutuhkan dalam jumlah yang sangat kecil," kata terapis kesehatan nutrisi, Amanda Bontempo, M.S., R.D. "Anda tidak perlu mengonsumsi banyak setiap hari, meskipun begitu zinc memiliki banyak manfaat dan sangat mempengaruhi cara kerja tubuh Anda," tambahnya.

Berikut ini adalah manfaat zinc bagi tubuh Anda:

1. Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh
Zinc membantu tubuh melawan racun dan zat asing yang mengancam kekebalan Anda. Ini juga penting dalam mengembangkan sel-T, yang membantu melawan sel yang terinfeksi virus dan sel kanker. Pada dasarnya, defisiensi zinc membahayakan pertahanan kekebalan alami Anda, membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit.

2. Menjaga gula darah tetap stabil
Insulin adalah hormon yang bertanggungjawab untuk menjaga kadar gula darah Anda stabil, yang berarti itu sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Zinc berperan dalam sintesis, penyimpanan, dan pelepasan insulin di pankreas. Jadi, defisiensi zinc dapat memengaruhi kadar insulin secara negatif, yang dapat menyebabkan perubahan negatif pada nafsu makan dan kadar gula darah.

3. Membuat pencernaan berjalan lancar
Seng bertindak sebagai faktor pendamping dalam banyak aktivitas pencernaan, yang berarti tubuh Anda tidak dapat mencerna makanan dan menyerap nutrisi dengan baik tanpanya. "Zinc bekerja dengan protein di setiap organ dan membantu hampir 100 enzim berbeda dengan proses yang berbeda, salah satunya adalah pencernaan," kata Amanda Bontempo, M.S., R.D.

4. Membantu Anda tetap fokus
Bontempo mengatakan, penelitian telah menunjukkan bahwa kadar zinc pada tubuh Anda dapat memengaruhi berapa lama Anda bisa duduk dan berkonsentrasi. "Para peneliti melihat perubahan perilaku antara orang-orang yang kekurangan kandungan zinc dengan yang mendapatkan cukup asupan zinc," katanya.

5. Menjaga sistem metabolisme tetap kuat
"Zinc membantu dalam metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak," kata Bontempo. "Ketika Anda tidak punya cukup mendapatkan asupan zinc, Anda bisa mengalami pengurangan energi, dan perasaan lesu. Anda juga mungkin mengalami kesulitan menurunkan berat badan."

 


(ELG)