Makanan Harian Ini Dapat Mengubah Mood Anda

Torie Natalova    •    Jumat, 20 Oct 2017 14:09 WIB
kesehatan
Makanan Harian Ini Dapat Mengubah Mood Anda
Jika kesulitan mengonsumsi ikan, cobalah memakan udang yang juga sumber lemak omega-3. Lemak baik ini dapat mengurangi risiko depresi. (Foto: Pan Xiaozhen/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Makanan super atau super food memang dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran Anda. Namun, super food ini seringkali dibanderol dengan harga mahal dan sulit didapat khususnya di Indonesia.

Anda yang sering mengalami penurunan mood atau suasana hati tak perlu khawatir. Karena, ada beberapa makanan sehari-hari yang tanpa disadari dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda seperti berikut ini.



1. Sup krim kerang
Kerang merupakan sumber vitamin B12 yang tinggi dan baik untuk kesehatan otak, suasana hati dan fokus. B12 digunakan oleh tubuh untuk membuat hormon neurotransmiter yang diperlukan untuk mengatur perilaku Anda.



2. Semangka
Buah ini mengandung citrulline, asam amino yang membantu membuka pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Semakin baik aliran darah ke otak Anda, semakin baik fungsi sel otak dan semakin jelas pula pikiran Anda. Terlebih, semangka buah yang kaya air sehingga makin baik tubuh tetap terhidrasi akan sangat penting untuk menjaga suasana hati tetap senang.



3. Udang
Jika kesulitan mengonsumsi ikan, cobalah makan udang yang juga sumber lemak omega-3. Lemak baik ini dapat mengurangi risiko depresi, mengurangi peradangan dan melindungi neuron di otak Anda.

(Baca juga: 5 Rahasia Sukses Menurunkan Berat Badan)



4. Biji labu
Biji labu mengandung seng dan magnesium yang tinggi. Seng berperan sebagai neurotransmiter dan antioksidan yang dapat membuat badan tetap segar, mengurangi depresi dan emosi. Sedangkan magnesium menyeimbangkan respons stres tubuh, membantu mengatasi ketegangan dan kekhawatiran dengan lebih baik.



5. Bayam
Sayur berdaun hijau gelap merupakan salah satu sumber folat terbaik. Folat merupakan vitamin yang penting untuk fungsi juga perlindungan otak. Sayuran hijau seperti bayam juga mengandung zat besi yang mempengaruhi tingkat energi Anda. Kandungan vitamin C dalam bayam membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.



6. Teh
Kandungan kafein dalam teh dapat menghambat neurotransmiter tertentu yang menumpulkan aktivitas otak dan meningkatkan bahan kimia lain yang diketahui dapat membuat Anda bahagia seperti dopamin dan serotonin. Peminum teh dan kopi memiliki fungsi kognitif yang lebih baik, termasuk kinerja yang lebih fokus, meningkatkan memori dan suasana hati dalam jangka pendek.











(TIN)