5 Kebiasaan yang Bisa Memicu Kerusakan pada Mata

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 08 Oct 2017 12:18 WIB
tips kesehatan
5 Kebiasaan yang Bisa Memicu Kerusakan pada Mata
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sama seperti anggota tubuh lainnya kesehatan mata tergolong yang tak kalah penting. Indera penglihatan memerlukan perhatian khusus agar bisa berfungsi dengan baik. 

 
Berikut adalah beberapa kebiasan yang dapat membahayakan mata jika terus dilakukan. 
 
1. Tidur dengan memakai lensa kontak
 
Terkadang, saking lelahnya, orang malas melepaskan lensa kontak dan langsung tidur. Padahal, kebiasaan tersebut dapat membuat oksigen, nutrisi, dan pelumas dalam kornea berkurang sehingga mata menjadi kering dan kemerahan keesokan paginya. 
 
2. Terlalu dekat dengan layar komputer
 
Pekerjaan yang mewajibakn untuk melihat ke layar komputer sepanjang hari dapat membuat mata kelelahan dan kering. Oleh karena itu, usahakan menjaga jarak pandang antara 15 hingga 20 menit dari layar komputer. Selain itu, istirahatkan mata setiap 20 menit dengan melihat ke arah lain sejaih 20 kaki selama 20 detik. 
 
3. Menggosok mata
 
Tak jarang mata terasa gatal dan Anda refleks menggaruknya. Padahal, efek selanjutnya yang justru membuat mata gatal. Bisa jadi Anda memberikan virus dan bakteri ke mata, yang dapat berujung pada infeksi. Daripada menggaruk, lebih baik menyiramkan sedikit air dingin ke arah mata. 
 
4. Tidak membersihkan sikat mata
 
Pastikan Anda membersihkan sikat mata setiap sebulan. Bila tidak, bakteri dalam sikat akan menumpuk dan dapat memicu infeksi pada mata. 
 
5. Tidak menggunakan kacamata hitam
 
Tak hanya kulit, mata juga membutuhkan perlindungan dari sinar UV. Paparan sinar UV dapat memicu kerusakan pada retina. Gunakan kacamata hitam dengan tingkat perlindungan hingga 99 persen ketika berada dalam kondisi yang terkena paparan sinar matahari langsung. 
 
6. Menggunakan bulu mata palsu
 
Meski membuat penampilan semakin cantik, namun lem pada bulu mata palsu dapat menyebabkan penumpukan kotoran. Cobalah hindari penggunaan bulu mata palsu atau bersihkan secepatnya bila terpaksa memakainya. 

 

(DEV)