8 Cara Alami Obati Diare, Yogurt hingga Daun Jeruk

Anindya Legia Putri    •    Kamis, 28 Dec 2017 13:10 WIB
kesehatan
8 Cara Alami Obati Diare, Yogurt hingga Daun Jeruk
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Buang air besar terus menerus dengan rasa melilit di perut merupakan tanda diare. Diare pada dasarnya adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Hal ini dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan.

Memilih makanan dan minuman sehat dan bersih sangat penting, karena makanan yang terkontaminasi adalah pembawa utama bakteri yang dapat memiliki efek serius pada pergerakan usus sehingga menyebabkan diare.

Intoleransi terhadap makanan tertentu, kelebihan asupan makanan, kafein, asupan alkohol, dan lainnya, juga bisa menyebabkan diare. Hal pertama yang bisa kita lakukan saat terkena diare adalah minum obat yang tersedia.

Namun, mengonsumsi obat-obatan sepanjang waktu bukanlah ide bagus. Ada solusi alami tanpa efek samping. Berikut beberapa solusi alami terbaik untuk diare seperti dilansir Boldsky, Kamis, 28 Desember 2017.

1. Yogurt

Yogurt adalah salah satu probiotik yang paling terkenal yang mengandung bakteri sehat. Mengonsumsi semangkuk kecil yogurt (plain yogurt) setiap hari membantu mencegah segala jenis infeksi usus, termasuk diare.

2. Minum banyak air

Tubuh Anda cenderung kehilangan banyak cairan saat Anda menderita diare. Hal ini membuat Anda lemah dan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, minum banyak cairan, lebih dari yang Anda minum pada hari normal sangat penting untuk melembabkan tubuh dan menyediakan satu dengan energi yang dibutuhkan.

Selain air mineral, minum air kelapa juga bisa membantu, karena ini adalah salah satu elektrolit alami yang paling dikenal dapat menghidrasi tubuh.

3. Cuka apel

Cuka apel dikenal dengan khasiat antibiotiknya yang kaya. Ini mengandung bahan penting yang disebut pektin yang membantu dalam memberikan efek menenangkan pada kejang usus. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan beberapa tetes cuka apel ke makanan saat memasak.

4. Teh chamomile

Teh chamomile dikenal dengan khasiat antiinflamasinya yang kaya dan juga dikenal untuk menyembuhkan masalah kesehatan yang terkait dengan infeksi saluran pencernaan, termasuk diare. Kapan pun Anda menderita diare, minum 2-3 cangkir teh chamomile membantu mengobati infeksi dan mencegah diare.

5. Madu

Madu adalah salah satu bahan alami terbaik yang membantu dalam mengobati diare dengan cepat. Ambil sekitar 3-4 sendok teh madu dalam segelas air hangat dan kemudian diminum kapan pun Anda menderita diare.

6. Pisang

Pisang adalah salah satu buah terbaik yang bisa Anda dapatkan saat menderita diare. Buah ini kaya akan potasium dan magnesium.

7. Kulit Jeruk

Kulit jeruk adalah salah satu bahan alami yang paling dikenal bisa membantu merangsang pencernaan dan mencegah diare. Kupas jeruk dan kemudian potong kulitnya menjadi potongan halus. Tambahkan kulit jeruk ke panci berisi air mendidih.

Lalu diamkan sampai air mendingin. Saring dan kemudian minum larutan ini. Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu secukupnya.

8. Jahe

Dalam kasus tertentu, diare juga disebabkan oleh gangguan pencernaan. Jadi dalam kasus seperti itu, jahe membantu dalam memberikan kelegaan cepat.

Dikenal dengan sifat karminatifnya, jahe membantu merangsang saluran gastrointestinal dalam pencernaan. Mengonsumsi sedikit bubuk jahe kering bersama dengan sedikit garam batu juga membantu menyembuhkan diare.


 


(TRK)