Tips Praktis agar Rambut Selalu Lembut dan Halus

Anindya Legia Putri    •    Selasa, 12 Dec 2017 18:14 WIB
gayarambut
Tips Praktis agar Rambut Selalu Lembut dan Halus
Jika Anda memiliki kondisi rambut yang kering, kasar dan kusam, maka Anda bisa membuat resep masker rambut dari ramuan herbal alami berikut ini. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Sejak lama para wanita telah berusaha keras untuk mendapatkan rambut yang lembut dan halus. Tahukah Anda kondisi rambut semacam ini dapat meningkatkan kepercayaan diri membuat mereka menonjol di keramaian.

Namun, untuk mencapai kondisi rambut yang sehat lembut dan halus semacam itu bukanlah hal yang mudah. Dan kebanyakan wanita menyadari fakta ini.

Banyak faktor di lingkungan sehari-hari yang dapat menggagalkan keinginan Anda untuk memiliki rambut lembut dan halus, seperti polusi, terpaan sinar matahari, penggunaan produk yang mengandung bahan kimia, alat styling panas, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat menjadi faktor utama di balik rambut kusam dan rapuh.

Jika Anda memiliki kondisi rambut yang kering, kasar dan kusam, maka Anda bisa membuat resep berikut ini di rumah. Yang perlu dilakukan hanyalah menyiapkan beberapa bahan yakni bubuk amla, bubuk reetha, bubuk shikakai, madu, dan telur.

Ramuan ini sangat efektif dan menjadikan rambut kuat serta dapat mengembalikan kecantikan alami rambut Anda dengan meningkatkan teksturnya.

Manfaat menggunakan madu
Ketika kulit kepala Anda kehilangan kelembapan alami, ia menjadi rentan terhadap kerusakan dan mungkin mulai terlihat kasar dan kering. Di sinilah madu bisa sampai ke kulit kepala dan menjadi penyelamat rambut Anda.

Madu adalah salah ramuan alami yang sarat dengan sifat humektan yang bisa mengembalikan kelembapan pada kulit kepala dan rambut Anda. Selain itu, madu juga bisa bertindak sebagai agen penguatan rambut yang bisa mencegah kerusakan dan membuat Anda memiliki rambut lembut dan kuat.

(Baca juga: Malu Rambut Rontok? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya)


(Jika Anda memiliki kondisi rambut yang kering, kasar dan kusam, maka Anda bisa membuat resep masker rambut dari ramuan herbal alami berikut ini. Foto: Pixabay.com)


Manfaat menggunakan telur
Telur adalah bahan favorit untuk perawatan rambut. Kandungan nutrisi dan protein di dalamnya memiliki dampak yang kuat pada keadaan rambut Anda.

Telur tidak hanya dapat memberi nutrisi pada rambut Anda dari akar tetapi juga membuat rambut terasa lembut dan halus. Selain itu, penggunaan telur dapat secara efektif membangun kembali rambut yang rusak dan mencegahnya menjadi kasar dan rapuh di kemudian hari.

Manfaat bubuk herbal
Bubuk shikakai penuh dengan vitamin C, antioksidan, dan senyawa penguat kolagen. Bubuk shikakai dipuji sebagai salah satu bubuk herbal terbaik untuk mengatasi berbagai kondisi rambut kering dan kasar.

Bubuk amla dalah pembangkit kuat antioksidan yang bisa memperkuat rambut Anda dari akar dan memperbaiki teksturnya. Selain itu, bubuk amla juga memberi kulit kepala Anda kelembapan dan hidrasi yang sangat dibutuhkan yang dapat mengurangi kekeringan dan kekasaran.

Cara ini bisa Anda gunakan dua kali seminggu agar hasilnya maksimal, dan jangan lupa keringkan rambut secara alami serta hindari menggunakan pengering rambut.

Resep makser rambut

Bahan yang diperlukan:
1 sendok teh bubuk amla
1 sendok teh bubuk shikakai
1 sendok teh bubuk Reetha
1/2 sendok teh madu
1 Telur 

Cara mempersiapkan:
- Masukan semua bahan ke dalam mangkuk kaca kemudian campur rata hingga membentuk pasta 

Cara menggunakan:
- Oleskan pasta yang dihasilkan ke kulit kepala Anda hinga ke ujung rambut
- Pijat lembut area kulit kepala dengan ujung jari Anda selama beberapa menit
- Biarkan selama 40-50 menit
- Cuci dengan air dingin


 





(TIN)