Alasan Baik Mengapa Tangan Anda Tak Bergerak Saat Tidur

Raka Lestari    •    Rabu, 15 Nov 2017 12:05 WIB
Alasan Baik Mengapa Tangan Anda Tak Bergerak Saat Tidur
Mungkin ada yang menyebutnya dengan lengan yang mati, atau lengan yang tertidur. Apapun alasannya, Menurut Vox, fenomena tersebut bisa terjadi karena ada alasannya. (Foto: Katja Stückrath/Unsplash.com)

Jakarta: Mungkin Anda pernah mengalami keadaan disaat Anda sedang tidur namun tiba-tiba saja lengan Anda sulit digerakkan atau bahkan tidak bisa digerakkan sama sekali. 

Mungkin ada yang menyebutnya dengan lengan yang mati, atau lengan yang tertidur. Apapun alasannya, Menurut Vox, fenomena tersebut bisa terjadi karena ada alasannya.

Jika itu terjadi setelah periode waktu tidur selama 60 menit, lengan Anda kemungkinan masih mengalami Rapid Eye Movement (REM) suatu keadaan dimana otot-otot Anda mengalami 'kelumpuhan' karena tidur yang nyenyak. 

(Baca juga: Tidur Tanpa Busana Tingkatkan Kualitas Sperma)



Saat Anda memasuki fase REM, otak Anda memberikan sinyal kepada seluruh tubuh untuk mengunci seluruh pergerakan, sehingga Anda tidak bisa bergerak ketika Anda bermimpi yang berpotensi membahayakan diri sendiri. 

Kemungkinan lainnya adalah Anda mengalami penyumbatan syaraf, yang dapat menyebabkan kelumpuhan sementara ke area tertentu di tubuh. Penyumbatan saraf terjadi saat saraf dijepit, ditekan, dan berada dalam posisi tidak wajar. 

Jadi, daripada Anda merasa tidak nyaman saat mengalami kesulitan menggerakkan lengan saat tidur, yakinlah bahwa hal tersebut tidak Akan mengancam jiwa Anda dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. 








(TIN)