5 Faktor yang Bisa Meningkatkan Peluang Hamil

Raka Lestari    •    Senin, 08 Jan 2018 18:32 WIB
tips kesehatan
5 Faktor yang Bisa Meningkatkan Peluang Hamil
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Hadirnya buah hati menjadi anugerah bagi setiap pasangan. Namun, tak sedikit pasangan yang harus menunggu lama kehadiran buah hati. Dr Geetha Venkat, direktur dari Harley Street Fertility Clinic menjelaskan beberapa faktor yang bisa mempercepat kehamilan, dikutip dari standard.co.

1. Check up

Ini bukanlah sebuah keharusan, tapi melakukan pemeriksaan pra-konsepsi adalah awal yang baik  jika Anda berencana segera hamil. Pemeriksaan ini bisa membantu Anda mengetahui kondisi kesehatan ginekologi Anda, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), endometriosis, atau masalah tiroid.

2. Siklus menstruasi

Memahami bagaimana tubuh Anda bekerja bisa sangat membantu jika Anda ingin segera hamil. Siklus bulanan Anda harus teratur atau tidak memiliki perbedaan yang jauh berbeda dari bulan-bulan sebelumnya. Jika Anda memiliki siklus setiap bulan, sekitar setiap 26-35 hari maka Anda memiliki siklus reguler.

3. Hubungan seks

Terkadang beberapa pasangan suami istri yang memiliki masalah untuk segera mendapatkan anak karena tidak terlibat dalam hubungan seksual yang reguler. Setelah ovulasi, sel telur hanya bisa bertahan sekitar 24 jam. Jadi, jika Anda mlewatkan hal tersebut, kemungkinan hamil semakin kecil.

4. Lebih santai

Koneksi antara tubuh dan pikiran merupakan sesuatu hal yang penting. Semakin tinggi Anda merasa stress semakin tinggi juga stres akan mempengaruhi siklus bulanan dan kemampuan untuk bisa hamil. Coba lakukan olahraga ringan seperti pergi berenang atau berjalan-jalan atau gunakan metode relaksasi seperti yoga atau meditasi.

5. Berhenti merokok

Perokok lebih mungkin untuk memiliki masalah kesuburan. Saat Anda merokok, 7.000 bahan kimia disebar melalui seluruh tubuh yang dapat menghambat ovulasi, merusak telur dan motilitas sperma.

Lihat video




(DEV)