3 Hal yang Harus Dikonsultasikan dengan Dokter Usai Melahirkan Caesar

Nia Deviyana    •    Rabu, 11 Oct 2017 17:19 WIB
tips kesehatan
3 Hal yang Harus Dikonsultasikan dengan Dokter Usai Melahirkan Caesar
(Foto: Lovedbyparents)

Metrotvnews.com, Jakarta: Melahirkan normal maupun caesar adalah pilihan. Namun pada caesar, umumnya dipilih karena ibu takut dengan persalinan normal atau ada risiko kesehatan tertentu sehingga dokter mengambil jalan operasi.

Melahirkan caesar risikonya tentu lebih besar, mulai dari abruptio plasenta, gawat janin, dan masih banyak lagi. Untuk ibu yang berencana melahirkan caesar, ada tiga hal yang harus Anda konsultasikan usai menjalani operasi.

1. Lama istirahat pascaoperasi

Masa penyembuhan pascaoperasi caesar umumnya enam bulan. Namun, bisa juga lebih lama karena alasan tertentu. Oleh sebab itu, penting menanyakan kepada dokter, berapa lama Anda harus beristirahat setelah kembali dari rumah sakit. Ibu yang mengalami obesitas dan diabetes gestasional biasanya disarankan istirahat lebih banyak dibanding mereka yang tidak menderita gejala itu.

2. Perawatan khusus

Penting bagi Anda untuk menghindari pekerjaan berat agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan. Jika ingin mulai berolahraga, diskusikan dengan dokter kapan Anda boleh memulainya. Begitu juga jika Anda ingin melakukan pijat. Sebab, terlalu banyak latihan fisik atau tekanan di area perut setelah operasi caesar dapat meningkatkan risiko hernia.

3. Kontrasepsi yang cocok

Menggunakan kontrasepsi penting untuk mencegah kehamilan usai melahirkan caesar.
Pasalnya, waktu yang direkomendasikan untuk hamil lagi paling cepat 2 tahun setelah melahirkan caesar. Lewat analisis dan pemeriksaan, dokter akan memberi saran seputar kontrasepsi yang cocok bagi Anda.




(DEV)