Mengenal Gangguan Tidur Catathrenia

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 08 Nov 2017 18:22 WIB
kamus kesehatan
Mengenal Gangguan Tidur Catathrenia
Catathrenia menjadi bentuk lain dari gangguan tidur (Foto: Reader Digest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mendengkur adalah salah satu gangguan tidur yang banyak dialami orang. Namun, tak sedikit yang mengerang saat tidur.

Nama medis dari gangguan tersebut adalah  atau parasomnia. Menurut National Sleep Foundation, mengerang berbeda dengan sleep apnea.

Catathrenia adalah kondisi langka yang dialami sekitar 0,3-0,5 persen populasi. Namun angka ini bisa jadi lebih besar karena tak sedikit yang tidak menyadari memiliki gangguan tersebut.

"Biasanya penderita tak menyadarinya. Sering kali, pasangan mereka yang melaporkannya," ujar Dr Rajkumar Dasgupta, asisten profesor kedokteran klinis di Keck School of Medicine di University of Southern California.

Jika mendengkur terjadi saat seseorang menghirup napas, mengerang justru sebaliknya. Dr Dasgupta mengungkapkan umumnya penderita akan mengerang selama 30 detik hingga satu menit, dengan kondisi erangan yang sama ketika dalam keadaan sadar.

Meskipun belum jelas penyebabnya, Dr Dasgupta berpendapat bahwa gangguan tersebut memiliki penyebab yang sama seperti sleep apnea, yakni kelainan kraniofasial. Struktur wajah seseorang bisa menghalangi udara mengalir secara alami dengan cara menghembuskan nafas dan menyebabkan suara mengerang.

Dr Dasgupta menyimpulkan, walaupun mengerang tak berbahaya, kebiasaan tersebut dapat mengganggu kualitas tidur, yang dapat memicu masalah kesehatan. Oleh karena itu, bagi Anda yang sering mengerang saat tidur, cobalah berkonsultasi ke tenaga profesional.




(DEV)