Berapa Lama Durasi Cuci Tangan agar Bebas Kuman?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 04 Oct 2017 08:00 WIB
kesehatan
Berapa Lama Durasi Cuci Tangan agar Bebas Kuman?
Data RPS menunjukkan bahwa 84 persen dari 2 ribu orang tak membiasakan diri mencuci tangan dengan durasi cukup lama. (Foto: Mirror.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut Royal Pharmaceutical Society (RPS), durasi yang tepat untuk mencuci tangan agar kuman hilang adalah selama 20 detik. Durasi yang sama dengan menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun dua kali.

Mencuci tangan dengan baik dapat mencegah datangnya penyakit pilek, flu, dan gangguan perut. Dengan demikian, asupan antibiotik pun semakin berkurang. 

Sekitar sepertiga kasus diare dan 16 persen infeksi pernapasan bisa dicegah melalui cuci tangan yang benar. 



"Kita tidak jarang mencuci tangan dalam jangka waktu cukup lama untuk menghilangkan bakteri penyebab penyakit," tukas Ash Soni selaku pemimpin RPS. 

(Baca juga: Air Liur Sanggup Deteksi Penyakit Berbahaya)

"Bahkan, meskipun kita tidak terpengaruh oleh serangga yang kita bawa, namun kita tak cuci tangan, kita bisa menularkan infeksi yang kemudian akan jadi masalah bagi mereka yang lebih rentan, seperti anak-anak atau orangtua."

Kategori tersebut nantinya akan mengonsumsi antibiotik, yang mulai menunjukkan resistensi pada beberapa penyakit. 

"Kita dapat mengurangi jumlah penyakit yang membutuhkan antibiotik dengan cara menyimpannya dan menggunakannya saat dibutuhkan."



Data RPS menunjukkan bahwa 84 persen dari 2 ribu orang tak membiasakan diri mencuci tangan dengan durasi cukup lama. Sementara, 65 persen lainnya tak melakukan kebiasaan tersebut sebelum makan atau setelah memegang binatang. 

Sekitar 32 persen tak mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan dan seperlima (21 persen) tak mencuci tangan setelah dari toilet. 







(TIN)