Kekurangan Vitamin A Dapat Mengganggu Fungsi Penglihatan

Raka Lestari    •    Kamis, 05 Oct 2017 12:22 WIB
vitamin
Kekurangan Vitamin A Dapat Mengganggu Fungsi Penglihatan
Vitamin A sangat penting untuk penglihatan, karena dapat membantu sel-sel tertentu pada mata agar dapat berfungsi dengan baik. (Foto: 365 Things to Do in Houston)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang anak laki-laki berusia 11 tahun di Kanada mengalami keanehan pada mata dan penglihatannya. Ketika dokter memeriksanya, dokter menyimpulkan bahwa penglihatannya terganggu. Anak tersebut hanya bisa melihat dalam jarak 12 inch (30 cm). 

Lapisan luar pada mata anak tersebut sangat kering. Kekeringan yang sangat parah ini menyebabkan penumpukan kotoran pada kornea matanya, ujar Dr. Eyal Cohen, dokter anak yang menangani kasus tersebut di The Hospital Sick Children, Toronto. 

Anak tersebut dilaporkan memiliki alergi terhadap makanan dan menderita eksim. Karena khawatir eksimnya akan kambuh, sang anak tersebut hanya membatasi makanannya terbatas pada kentang, daging babi, kambing, apel, mentimun, dan sereal. Makanan-makanan tersebut memiliki kesamaan, yaitu minim kandungan vitamin A. 



(Baca juga: Nutrisi yang Dibutuhkan Mata Selain Vitamin A)

Ketika diperiksa dokter, anak tersebut memang memiliki kandungan vitamin A yang rendah dalam tubuhnya. "Kekurangan vitamin A memang sering terjadi di negara-negara miskin, yang menyebabkan kebutaan," ujar Cohen. 

Vitamin A sangat penting untuk penglihatan, karena dapat membantu sel-sel tertentu pada mata agar dapat berfungsi dengan baik. Tidak mendapatkan cukup asupan vitamin A bisa menyebabkan kelainan pada retina mata, ujar Cohen. Retina sendiri berfungsi untuk penginderaan cahaya yang bisa membuat seseorang dapat melihat. 










(TIN)