Meski Sehat, Minyak Kelapa Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Raka Lestari    •    Minggu, 24 Dec 2017 15:13 WIB
tips kesehatan
Meski Sehat, Minyak Kelapa Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Lemak sehat sekarang sedang menjadi sesuatu yang digemari, mulai dari diet Whole30 dan ketogenic yang menganjurkan mengonsumsi banyak lemak  agar Anda tetap kenyang. Di beberapa kalangan, minyak kelapa menjadi lemak yang menjadi favorit. Survei 2016 oleh New York Times menemukan bahwa 72 persen orang Amerika menganggap minyak kelapa sehat. 

"Ada banyak kesalahpahaman tentang dampak lemak jenuh minyak kelapa pada kesehatan jantung. Beberapa berita utama pada media massa bahkan menyebutkan bahwa karena beberapa lemak jenuh aman, semuanya baik-baik saja, tapi bukan itu masalahnya, "kata ahli gizi New York Karen Ansel, RD. 
 
Perdebatan minyak kelapa berpusat di seputar efek kesehatan yang berpotensi buruk karena kandungan lemak jenuhnya. Satu porsi sendok makan minyak kelapa memiliki sekitar 11 gram lemak jenuh dari total 13 gram lemaknya, menurut USDA. 

Karena lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol Anda secara keseluruhan, buku Dietary Guidelines for American's yang terbaru merekomendasikan agar asupan minyak kelapa Anda kurang dari 10 persen kalori sehari. Jika Anda mengonsumsi 2.000 kalori sehari, itu berarti konsumsi lemak jenuh tidak boleh lebih dari 200 kalori dari lemak jenuh atau sekitar 22 gram per hari.
 
"Kami tidak tahu apakah lemak jenuh dari minyak kelapa lebih baik dari pada jenis lemak jenuh dari produk hewani seperti daging, keju, dan mentega," kata Christy Brisette, RD, Presiden 80 Twenty Nutrition

"Minyak kelapa bisa meningkatkan kadar kolesterol tidak sehat dan berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung; itu belum ditambah dengan dampak jangka panjangnya."
 
Brisette merekomendasikan kebanyakan orang harus membatasi minyak kelapa sampai satu sendok makan sehari. Jadi, tujuh sendok makan per minggu maksimalnya. "Dan jika Anda mencoba menurunkan kolesterol Anda, beralihlah ke minyak zaitun," katanya.
 
Ansel mengatakan jika Anda seorang vegan dan tidak mengonsumsi makanan lain yang memiliki lemak jenuh tinggi selain minyak kelapa, Anda mungkin bisa mengonsumsi minyak kelapa dengan sekitar satu setengah sendok makan per hari atau sekitar 10 setengah sendok makan per minggu. Tetapi bagi orang yang makan makanan normal, dia tidak menyarankan menambahkan minyak kelapa ke dalam rutinitas mereka.




(DEV)