Sakit Kepala Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 02 Feb 2018 13:16 WIB
studi kesehatan
Sakit Kepala Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Banyak orang menyepelekan sakit kepala yang datang sesekali. Padahal, gangguan kecil tersebut bisa jadi adalah pertanda kanker.

Menurut sebuah studi yang dipimpin oleh Dr Michael Munger dari Overland Park di Kansas, orang yang sakit kepala akan mencoba mengatasinya dengan makan paracetamol, minum air, dan kembali beraktivitas seperti biasa.

Namun, Munger memeringatkan agar lebih waspada pada sakit kepala karena bisa jadi itu adalah pertanda sesuatu yang serius, tak hanya karena kelelahan atau stres.

Ia menemukan bahwa kebanyakan orang cenderung mengabaikan sakit kepala dan mengobatinya dengan sederhana, meskipun sangat mengganggu produktivitas.

Ia meminta orang-orang agar lebih memerhatikan frekuensi sakit kepala karena hla itu bisa menjadi indikasi apakah seseorang menderita kondisi serius seperti tumor otak atau aneurisma.

"Anda tak ingin orang lain berlebihan, namun juga tak ingin mereka meremehkan," tukasnya.

Munger mengungkapkan bahwa jika seseorang mengalami sakit kepala lebih dari dua kali dalam seminggu selama lebih dari dua minggu, maka sebaiknya segera menghubungi dokter.

Dengan menganalisa dan mencatat frekuensi sakit kepala, seseorang bisa mencaritahu penyebab gangguan tersebut. Beberapa penyebab umum adalah makanan atau minuman tertentu, sedang haid, kurang tidur, atau asupan air yang tak cukup.

Selain itu, lokasi asal mula sakit kepala juga bisa dijadikan indikasi. Terdapat tiga jenis sakit kepala yaitu sakit kepala tegang, sakit kepala sinus, dan migrain.

Sakit kepala tegang umumnya terjadi pada bagian belakang kepala yang menjalar ke bagian atas. Sakit kepala sinus berasal dari sekitar mata, terutama bagian mata. Sementara, migrain biasanya disertai dengan rasa mual dengan pusat pusing yang berbeda-beda.

Gejala lain yang perlu diwaspadai bersamaan dengan sakit kepala adalah mual, mati, rasa dan masalah ingatan; yang mengarah pada gangguan kesehatan yang lebih serius.


 


(DEV)