9 Faktor Pemicu Gangguan Siklus Haid

Torie Natalova    •    Senin, 26 Sep 2016 17:40 WIB
kesehatan
9 Faktor Pemicu Gangguan Siklus Haid
(Foto: Todayifoundout)

Metrotvnews.com, Jakarta: Siklus haid dikatakan normal jika memiliki jeda 28-31 hari. Di luar angka tersebut, siklus haid dianggap tak lancar.

Ada banyak faktor yang membuat siklus haid menjadi tak lancar. Yang paling sering, karena dipicu oleh stres dan ketidakseimbangan hormon. Namun, tahukan Anda jika aktivitas berikut ini juga bisa mengacaukan siklus haid?

1. Sering berolahraga

Beberapa pakar kesehatan mengatakan, frekuensi dan intensitas olahraga yang terlalu tinggi mebuat lemak menyusut drastis. Hal itu menurunkan sekresi hormon, yang kemudian berakibat pada tidak lancarnya siklus haid.

2. Sering travelling


Sering bepergian, terutama ke luar negeri bisa membuat siklus haid menjadi tidak teratur. Ini karena tubuh berjuang keras untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru, juga iklim.
3. Obat-obatan

Terutama obat yang bisa memengaruhi hormon seperti obat untuk penyembuhan tiroid. Sebaiknya, konsultasikan pada dokter jika Anda mengalami gangguan haid setelah mengonsumsi obat.

4. Waktu tidur

Waktu tidur yang tidak teratur ternyata bisa memengaruhi siklus haid. Ketika kebiasaan dalam tubuh terganggu, hormon reproduksi perempuan bisa ikut terganggu. Perempuan yang bekerja larut malam lebih mungkin mengalami siklus haid yang tak teratur.

5. Obesitas

Obesitas dapat memengaruhi siklus haid karena lemak tubuh yang berlebihan bisa meningkatkan kadar estrogen. Selain itu, tingkat estrogen yang berlebihan bisa menyebabkan kanker endometrium.

6. Pestisida

Paparan pestisida juga dapat pengaruhi siklus bulanan Anda. Pestisida bisa mengubah perilaku hormon dalam tubuh.

7. Gangguan pola makan

Gangguan makan seperti anoreksia bisa mengganggu siklus haid, karena kadar estrogen menurun ketika seseorang mengalami kekurangan berat badan. Umumnya, mereka yang kehilangan berat badan drastis dan cepat lebih mungkin mengalami gangguan haid.

8. Stres

Stres kronis secara dratis dapat mempengaruhi siklus haid. Bahkan, lingkungan yang membuat stres tidak menyehatkan bagi sistem reproduksi dan itulah sebabnya tubuh bereaksi menunda haid jika stres terlalu tinggi.

9. Usia

Usia perempuan bisa menjadi salah satu penyebab gangguan sikuls haid. Perempuan yang mendekati waktu menopause cenderung jarang mendapat haid.



(DEV)