Manfaat Lompat Tali

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 14 Sep 2016 18:14 WIB
olahraga
Manfaat Lompat Tali
(Foto: Boldsky) Banyak studi mengungkapkan bahwa lompat tali dapat membantu memadatkan tulang.

Metrotvnews.com, Jakarta: Lompat tali adalah salah satu permainan yang sering dilakukan saat masih duduk di bangku sekolah. Olahraga yang menyenangkan ini juga dapat membakar kalori dengan cepat.

Selain itu, apa lagi manfaat dari olahraga lompat tali  ini?

1. Risiko cedera pada lompat tali lebih kecil dibandingkan olahraga lain karena gerakan yang dilakukan tidak bergam. Selain itu, lompat tali juga dapat memperkuat lutut jika dilakukan secara rutin.

2. Olahraga aerobik alami ini baik untuk kesehatan jantung karena dapat meningkatkan stamina.

3. Anda dapat mencoba variasi lain yang lebih efektif. Misalnya, Anda bisa melompat lebih tinggi, mengubah ritme, atau menambah intensitasnya sehingga olahraga jadi lebih maksimal.

(Baca juga: 6 Kebiasaan yang Pengaruhi Kesehatan Tulang)

4. Kemampuan koordinasi akan meningkat tajam saat Anda rutin melakukan olahraga ini. Tubuh yang melompat membutuhkan irama tersendiri agar tidak tersandung. Hal tersebut akan meningkatkan konsentrasi dan koordinasi.

5. Beberapa studi mengindikasikan bahwa melompat dapat meningkatkan kemampuan otak sehingga menjadi lebih aktif.

6. Olahraga ini membakar sekitar 1.200-1.300 kalori dalam waktu satu jam. Dibandingkan berjalan kaki dan lari, melompat lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

7. Melompat juga baik bagi kesehatan paru-paru karena meningkatkan kepasitas bernapas, sehingga membantu mengatasi kegiatan sehari-hari dengan lebih baik.

8. Banyak studi mengungkapkan bahwa lompat tali dapat membantu memadatkan tulang. Ketika melompati tali, kepadatan tulang akan meningkat jika dilakukan secara rutin.






(TIN)