Terlalu Banyak Konsumsi Protein Bisa Bikin Gemuk?

Torie Natalova    •    Senin, 26 Sep 2016 07:13 WIB
diet
Terlalu Banyak Konsumsi Protein Bisa Bikin Gemuk?
(Foto: Web MD)

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu kunci menurunkan berat badan adalah melakukan metode diet tinggi protein. Namun, sebuah studi terbaru mengungkap bahwa diet dengan lebih 20 persen protein, terutama hewani, bisa menaikkan berat badan hingga lebih dari 10 persen.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Nutrition tersebut juga mengungkapkan, mereka yang makan tinggi protein berisiko 50 persen lebih mengalami kenaikan berat badan, dibanding mereka yang mengonsumsi protein rendah.

(Baca: Protein Domba dan Kambing Lebih Tinggi Ketimbang Sapi)

Memang, mengonsumsi protein membuat perut Anda kenyang lebih lama dan membangun otot yang bisa meningkatkan potensi pembakaran kalori dalam tubuh. Meski demikian, terlalu banyak makan termasuk protein, akan menambah berat badan Anda yang bisa berujung pada masalah kesehatan.

Masalah kesehatan yang mungkin muncul akibat terlalu banyak protein yakni bisa mengacaukan kemampuan tubuh untuk melakukan metabolisme glukosa dan juga menyebabkan gangguan fungsi ginjal.

Namun, dalam studi ini peneliti tidak melihat komposisi tubuh. Sejak ditemukan makanan tinggi protein bisa menambah berat badan, peneliti tidak melihat adanya pembesaran di bagian lingkar pinggang. Meski tidak diketahui apakah protein tersebut akan menambah lemak atau berat otot tubuh Anda.

Di sini, kualitas protein sangat menentukan untuk menjaga berat badan ideal. Menurut penulis Slim Down Now, Cynthia Sass, jika Anda termasuk orang yang sangat aktif sebaiknya tidak harus selalu mengonsumsi 1.800 kalori per hari.

Karena, jika melihat hal tersebut, itu berarti 70 persen lainnya Anda dapa mengonsumsi makanan yang berasal dari makanan nabati.


 


(DEV)