Tips Menurunkan Berat Badan Hanya dengan Berjalan Kaki

Raka Lestari    •    Senin, 17 Dec 2018 12:19 WIB
olahragatips kesehatan
Tips Menurunkan Berat Badan Hanya dengan Berjalan Kaki
Cukup berjalan kaki, Anda bisa menurunkan berat bedan (Foto: Esther Tuttle/Unsplah.com)

Jakarta: Berlari, bersepeda, dan mungkin mengikuti kelas olahraga kardio dengan intensitas tinggi (HIIT) dianggap dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Tapi ternyata untuk menurunkan berat badan, Anda tak perlu melakukan olahraga berat semacam itu.

Seperti yang diutarakan Dokter Lindsey Corak C.S.C.S, dilansir Womens Health Mag, mengatakan untuk menurunkan berat badan bisa dengan berjalan kaki. Lebih bagus lagi dikombinasikan dengan olahraga rutin. 

"Sangat penting untuk memiliki campuran latihan intensitas tinggi dan intensitas rendah, seperti berjalan demi penurunan berat badan yang optimal dan berkelanjutan," kata Lindsey Corak.

Sementara itu Dokter Hannah Davis C.S.C.S. menambahkan beberapa panduang yang bisa digunakan agar penurunan berat badan menjadi jauh lebih efektif. Seperti yang berikut ini:

1. Usahakan Melakukan 15 Ribu Langkah Setiap Harinya
Menurut Hannah Davis, berjalan kaki sebanyak 15 ribu langkah setiap hari selama seminggu dapat membantu Anda menurunkan berat badan. "Jangan khawatir jika Anda melakukannya secara perlahan, yang penting lakukan saja,"katanya.

Hal lain yang perlu diingat, konsistensi adalah kunci. Anda tidak akan menemukan banyak manfaat jika menaikkan jumlah langkah Anda satu hari, kemudian pada hari berikutnya Anda menurunkan jumlah langkah tersebut.

2. Berjalan Selama 20 Menit Tiga Kali Setiap Harinya
Setidaknya, berjalan kaki selama 20 menit sebanyak tiga kali setiap harinya akan membantu Anda mencapai jumlah harian langkah Anda sehingga Anda dapat mulai menurunkan berat badan.

Bahkan, penelitian dari George Washington University, menemukan bahwa orang-orang yang berjalan selama 15 menit setelah makan memiliki kendali gula darah yang lebih baik.

3. Berjalan Menanjak Setidaknya Tiga Kali Seminggu
Menaiki lereng pegunungan, berjalan menanjak, atau menaiki tangga akan membantu Anda membangun lebih banyak otot, yang meningkatkan laju metabolisme Anda. Upaya itu akan membantu Anda membakar lebih banyak kalori, bahkan ketika Anda tidak melakukan olahraga. Davis menyarankan agar menambahkan interval tanjakan ke jalan Anda tiga kali per minggu dan terus meningkatkan intensitasnya.

4. Perhatikan Asupan Kalori
Meskipun kebutuhan gizi Anda yang tepat bergantung pada banyak faktor di luar langkah Anda per hari, sebagian besar wanita yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan mengikuti diet 1.200 hingga 1.600 kalori yang kaya protein. "Meskipun Anda meningkatkan tingkat aktivitas Anda, Anda harus mengurangi asupan kalori Anda," katanya.

5. Selalu Pilih Rute yang Lebih Jauh
Pilihlah rute yang jauh untuk mencapai tujuan Anda. Misalnya saja dalam memilih tempat parkir atau turun dari bis. Itu dapat membantu Anda untuk mencapai sasaran jumlah langkah harian dan menurunkan berat badan.

"Seiring waktu, beberapa gerakan tambahan ketika berjalan dapat benar-benar membuat perbedaan," kata Davis.

Mengenal Olahraga Barre



(FIR)