Kebiasaan Ini Sebabkan Karies Gigi Pada Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 02 Nov 2016 07:00 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Kebiasaan Ini Sebabkan Karies Gigi Pada Anak
Kebiasaan memeluk atau menciumi anak kecil juga bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan gigi tersebut, hal itu dikarenakan adanya saliva yang berpindah. (Foto: Dailymail)

Metrotvnews.com, Jakarta: Karies gigi atau gigi berlubang adalah salah satu penyebab mengapa dokter gigi sering dikunjungi. Ada berbagai macam penyebab menipisnya email gigi tersebut, sehingga gigi menjadi berlubang, termasuk mikroorganisme yang terdapat dalam area mulut.

Namun tahukah Anda bahwa penyebaran mikroorganisme dapat dilakukan oleh orang-orang terdekat?

(Baca juga: 4 Penyebab Karies Gigi)

"Kebiasaan memakai gelas yang sama diantara para anggota keluarga dapat memicu terjadinya karies karena terjadi pertukaran mikroorganisme yaitu streptococcus mutan," kata drg. Udijanto Tedjosasongko, Sp.KGA (K) selaku Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI) Pusat dalam acara media gathering 2 Ribu Senyum dengan 3M Clinpro White Varnish, Selasa (1/11/2016).

Selain itu, kebiasaan memeluk atau menciumi anak kecil juga bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan gigi tersebut. Hal itu dikarenakan adanya saliva yang berpindah dari seseorang ke orang lain secara langsung sehingga perpindahan mikroorganisme penyebab karies gigi pun terjadi.

Berdasarkan penelitian yang pernah dia baca, semakin banyak frekuensi dan intensitas aktivitas tersebut, maka semakin besar risiko anak terkena karies. "Umumnya, ibu yang memberikan bakteri tersebut karena paling sering melalukannya," tambahnya.

Pemberian makanan manis pada anak juga dapat memicu adanya gigi berlubang pada buah hati. Glukosa yang menempel pada gigi menjadi sumber makanan yang banyak bagi bakteri untuk bermetabolisme. Efek sampingnya, gigi manjadi berlubang karena asam dalam gigi menjadi rendah dan membuat mineral dalam email gigi terurai.

"Oleh karena hindari memberikan makanan seperti permen, cokelat, atau biskuit dengan isi selai karena makanan tersebut lengket di gigi, bahkan setelah gosok gigi," tandasnya.





(TIN)