Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Karina Yunita    •    Senin, 05 Sep 2016 19:24 WIB
kesehatan
Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan
(Foto: Huuwaida)

Metrotvnews.com, Jakarta: Daun sirih merah atau yang memiliki nama latin piper crocatum adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat. Tanaman ini terdiri dari beberapa jenis seperti sirih hitam, hijau, gading, dan kuning. Salah satu jenis tanaman piper betle yang banyak digunakan adalah sirih merah. 

Tanaman ini memiliki ciri yang berbeda dengan piper betle pada umumnya. Untuk membedakan sirih merah dengan tanaman jenis lainnya, Anda bisa merobek bagian daunnya. Sirih merah biasanya jika dirobek akan mengeluarkan lendir yang lebih banyak. Selain itu, jika dicium baunya juga lebih wangi daripada sirih pada umumnya.

Biasanya, daunnya dikonsumsi oleh orang-orang zaman dulu dengan cara dikunyah bersama dengan pinang, kapur, dan gambir. Cara ini banyak dilakukan oleh nenek moyang kita sejak puluhan atau bahkan ratusan tahun yang lalu. Bahkan, saat ini kita mungkin masih sering menjumpai orang-orang tua yang mengunyah daun dari tanaman obat ini.

Dalam daun sirih merah terkandung berbagai senyawa organik seperti alkaloid, saponin, tannin, dan flavonoid. Daun sirih merah juga mengandung minyak atsiri, hidroksikavicol, eugenol, cineole, dan lainnya.

Manfaat daun sirih antara lain:

1. Mengatasi radang hati
Kandungan flavoid dan saponin dalam daun sirih merah berguna untuk mencegah peradangan pada hati.

2. Menurunkan kadar gula darah
Kandungan minyak astaire serta berbagai zat di dalamnya, memiliki efek farmatologis yang dapat menurunkan kadar gula darah dengan cara dimakan.
 
3. Meringankan nyeri sendi
Selain sebagai anti-inflamasi, flavonoid juga bermanfaat sebagai analgesik alami yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada sendi Anda.

4. Menurunkan tekanan darah
Anda dapat menggunakan daun sirih merah sebagai obat untuk mengurangi tekanan darah. Anda dapat mengkonsumsi ekstrak daun sirih merah atau dengan membuat ramuan berbahan dasar daun sirih merah.

5. Menghilangkan keputihan
Daun sirih merah memiliki sifat antiseptik yang bisa digunakan untuk mengobati keputihan serta menjaga organ kewanitaan Anda. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil 7-8 daun sirih merah lalu rebus. Gunakan air rebusan daun sirih merah tersebut untuk membersihkan organ kewanitaan. Lakukan beberapa kali sampai Anda bebas dari keputihan.


(TIN)