Tips agar Masa Menyusui Nyaman Bagi Ibu

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 31 Aug 2017 11:05 WIB
tips kesehatan
Tips agar Masa Menyusui Nyaman Bagi Ibu
(foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menyusui adalah salah satu momen berharga antara ibu dan anak dimana proses tersebut tak hanya sekedar pemberian makan, tetapi ada keterikatan secara psikologis.

Psikolog keluarga Irma Gustiani, M.Psi, Psi memberikan beberapa tips sederhana saat menyusui agar pertumbuhan  anak dan psikologis ibu dapat berkembang dengan baik.

Pertama, ibu sebaiknya mencari posisi yang aman untuk menyusui, disarankan dilakukan sambil menatap mata anak sehingga ada kontak personal.

Kedua, ibu harus berpikir positif saat menyusui si kecil. Pikiran negatif akan memberi dampak pada produksi susu yang akan berkurang kuantitasnya.

Ketiga, sebaiknya dukungan dari orang-orang terdekat terus diberikan kepada ibu, terutama dari suami dan keluarga besar.

"Suami bisa memberikan dukungan dengan membuatkan susu ibu atau memijat. Hal itu sudah membuat ibu senang," ujar Irma dalam temu media Lactamil, Rabu (30/8/2017).

Selain itu, suami juga harus memaklumi perubahan yang terjadi dalam keluarganya. Misalnya, bentuk tubh istri yang tak sama lagi sebaiknya tak dipermasalahkan. Selain itu, perhatian yang mulai berkurang dari istri, yang lebih banyak tercurah untuk si kecil, juga patut dimaklumi. Suami sebaiknya juga ikut membantu mengurus si kecil sesuai dengan kapasitasnya agar istri merasa terbantu.

Terakhir, asupan nutrisi pada si kecil adalah hal penting. Oleh karena itu, ibu sebaiknya memerhatikan dengan lebih jeli nutrisi dalam asupan makanannya karena hal itu akan berpengaruh pada kulitas ASI yang nantinya akan masuk ke dalam tubuh bayi.




(DEV)