5 Pola Makan Salah yang Membuat Tubuh Gemuk

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 04 Aug 2017 11:41 WIB
kalbe nutritionals
5 Pola Makan Salah yang Membuat Tubuh Gemuk
(Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pola makan tidak teratur menjadi salah satu penyebab tubuh menjadi gemuk. Hal ini banyak dialami oleh kaum pekerja yang oleh karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya, tanpa disadari menjalani pola makan salah.

Agar tidak terjebak pola makan yang salah, Anda mesti mengetahui lima kesalahan pola makan, sebagai berikut.
 
1. Melewatkan Sarapan

Banyak orang melewatkan sarapan karena tak sempat menyiapkan makanan sarapan. Sebagian orang tak sarapan karena takut tubuh menjadi gemuk. Namun, cara ini salah. Saat tidur pada malam hari, tubuh memperbaiki diri. Inilah alasan mengapa pada umumnya orang merasa lapar keesokan paginya. Jika tidak sarapan, bukan hanya memperlambat metabolisme tubuh, tapi juga membuat berat badan naik karena orang yang tak sarapan cenderung makan berlebihan saat jam makan siang.

2. Godaan Rekan Kerja

Satu gigitan cokelat atau satu potong pizza yang ditawarkan rekan kerja, membuat Anda tak kuat menahan godaan. Meskipun hanya sepotong, pizza dan cokelat mengandung kalori tinggi sehingga berpengaruh pada kenaikan berat badan. Jika Anda suka mengemil, sebaiknya memilih camilan rendah kalori dengan rasa yang enak. Misalnya, Fitbar.

3. Makan di Meja Kerja

Saat jam makan siang, ada kalanya Anda enggan meninggalkan meja kerja karena tugas menumpuk. Cara ini sebaiknya dihindari. Sebab, makan di meja kerja membuat Anda tidak aktif dan tidak membakar kalori. Sempatkan waktu untuk makan di luar ruangan. Jika membawa bekal, alangkah baiknya membawanya ke kafetaria atau tempat yang jauh dari meja kerja. Selain memberi waktu tubuh untuk beristirahat, berjalan kaki dari meja kerja ke kafetaria dan sebaliknya, akan membakar kalori.

4. Tekanan Kerja Memicu Lapar

Tekanan pekerjaan kerap dialami pekerja. Tenggat deadline, jam kerja yang panjang, penambahan jam lembur, akan menciptakan tekanan mental yang kadang memicu rasa lapar. Hal ini terjadi karena tubuh membutuhkan bahan bakar untuk bekerja dan berkonsentrasi. Tanpa disadari, tangan mulai menjangkau makanan apa saja yang menarik perhatian tanpa memikirkan kalorinya.

5. Camilan Tidak Sehat

Rasanya hampir semua orang suka mengemil. Entah itu makan gorengan, keripik kentang, atau makanan manis. Namun, kebiasaan ini sebaiknya dihindari karena makanan seperti itu mengandung kalori tinggi. Selain bakal membuat berat badan melonjak, asupan kalori tinggi tidak baik untuk kesehatan tubuh karena dapat memicu diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Jika Anda ingin mengemil sebaiknya makan Fitbar, camilan yang rendah kalori, bebas kolesterol dan trans-fat. Fitbar mengandung oat, whole wheat, dan quinoa yang membuat tubuh mendapatkan manfaat serat larut. Fitbar juga mengandung gandum sebagai serat dalam menjaga kesehatan saluran cerna dan kesehatan jantung, kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi, serta vitamin A, B12, dan C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Tak cuma rasanya yang enak yaitu rasa chocolate, fruits (dengan kismis asli) dan nuts, Fitbar juga rendah kalori yaitu 90 kkal/saji, sehingga tak perlu khawatir berat badan akan naik. Fitbar cocok dijadikan sebagai snack diet atau camilan sehat, setiap hari. Jadi tak perlu khawatir dan merasa bersalah ketika mengemil. Makan Fitbar, snacking with no worry!


(ROS)