Cuci Tangan dengan Sabun, Salah Satu Cara Mudah Hindari Flu

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 13 Sep 2017 15:03 WIB
tips kesehatan
Cuci Tangan dengan Sabun, Salah Satu Cara Mudah Hindari Flu
(Foto: Reader Digest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Influenza adalah penyakit infeksi saluran pernapasan akut umumnya disebabkan oleh virus influenza. Di kalangan masyarakat, penyakit ini lebih dikenal dengan nama flu.

Penularan virus tersebut dapat terjadi melalui udara ketika penderita sedang berbicara, batuk, dan bersin.

Beberapa gejala yang umum dari penyakit tersebut adalah demam lebih dari 38 derajat Celcius, batuk dan pilek, sakit tenggorokan, letih, lesu, hingga bisa disertai mual, muntah, dan diare.

"Penyakit ini disebabkan oleh virus musiman dan virus jenis baru. Virus jenis baru bisa menjadi wabah bila tersebar luas," jelas Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementrian Kesehatan RI dr Wiendra Woworuntu, M. Kes dalam temu media di Kementrian Kesehatan, Rabu (13/9/2017).

Ia menambahkan, durasi yang dibutuhkan sejak terpapar virus hingga timbul gejala (masa inkubasi) umumnya terjadi antara satu hingga tujuh hari. Namun, untuk kasus tertentu, seperti flu burung, bisa memakan waktu lebih lama hingga 10 hari.

Penularan influenza sendiri tergolong cepat dimana saat penderita batuk atau bersin, percikan lendir atau droplet yang keluar mengandung virus influenza. Bila terhirup orang sehat, penularan dapat terjadi.

Selain itu, kontak langsung dengan penderita dan kontak tak langsung dari barang yang pernah dipegang oleh penderita juga dapat memicu seseorang tertular influenza.

Untuk menghindari terkena penyakit tersebut, berikut adalah beberapa pencegahan yang bisa dilakukan:

1. Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir.

2. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitar dengan tidak membuang dahak atau ludah sembarangan.

3. Menutup hidung dan mulut dengan tisu saat bersin atau batuk dan membuangnya di tempat sampah. Jaga jarak minimal satu meter dengan orang lain saat bersin atau batuk.

4. Mengunjungi klinik, puskesmas, dokter, atau rumah sakit terdekat jika mengalami gejala influenza.

5. Hindari kontak dengan orang yang berasal atau baru bepergian dari negara terjangkit.

6. Segera lapor ke RT/RW/puskeswan/puskesmas terdekat bila ada unggas yang mati mendadak dalam jumlah banyak.

 


(DEV)