Konsumsi Brokoli Bantu Kurangi Nyeri Sendi

Torie Natalova    •    Selasa, 29 Aug 2017 09:00 WIB
studi kesehatan
Konsumsi Brokoli Bantu Kurangi Nyeri Sendi
(Foto: Eatrightontario)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengonsumsi banyak sayuran dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Mulai dari mata, kulit hingga penglihatan. Kini, peneliti Lynne McTaggart mengklaim menemukan manfaat lain dari sayuran untuk tulang.

Menurut Lynne, mengonsumsi sayuran tertentu dapat mengurangi rasa sakit nyeri sendi atau arthritis. Sayuran tersebut adalah brokoli yang memiliki kandungan anti peradangan yang mampu mengurangi rasa sakit penderita nyeri sendi.

Nyeri sendi bisa sangat menyakitkan dan banyak orang dengan kondisi tersebut memilih menggunakan obat ibuprofen untuk mengurangi pembengkakan dan kekakuan.

Namun, setelah pernyataan baru-baru ini bahwa obat anti peradangan mungkin meningkatkan gagal jantung hingga 20 persen, kebutuhan akan obat penghilang rasa sakit itu menurun.

Lynne menjelaskan, sayuran merupakan makanan di urutan pertama yang dapat mengurangi nyeri sendi. Terutama sayuran yang berdaun hijau gelap dan berwarna cerah. Brokoli khususnya, dikenal mampu mengatasi nyeri sendi ini. Penelitian di University of East Anglia juga menemukan bahwa menambahkan brokoli ke menu harian Anda dapat membantu mencegah penyebaran kondisi atau bertindak sebagai pencegahan sebelum terjadinya gejala nyeri sendi.

Natalie Carter, kepala peneliti di Arthritis Research UK mengatakan, osteoarthritis bisa menjadi kondisi yang menyakitkan dan mengisolasi. Olahraga teratur dan menjaga berat badan tetap sehat dapat memperbaiki gejala osteoarthritis tersebut.

Penelitian yang dilakukan juga menunjukkan bahwa senyawa sulforaphane yang ditemukan pada sayuran seperti brokoli mungkin bermanfaat bagi penderita osteoarthritis dengan memperlambat kerusakan tulang rawan seperti persendian. Namun, kadar alami pada brokoli tidak akan bermanfaat banyak sehingga penderita nyeri sendi yang parah membutuhkan sulforaphane dosis tinggi.


(DEV)