Berat Badan Lebih Mudah Naik Daripada Turun Ketika Diet? Ini Penyebabnya

Torie Natalova    •    Minggu, 23 Apr 2017 11:01 WIB
diet
Berat Badan Lebih Mudah Naik Daripada Turun Ketika Diet? Ini Penyebabnya
(Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat diet, Anda sering tergoda menyicipi sepotong kue atau makanan berkalori tinggi lainnya. Anda berpikir, makan sedikit saja mungkin tak akan menambah berat badan. Faktanya tidak demikian, berat badan naik dengan cepat.

Hal itu berbanding terbalik ketika Anda ingin menurunkan berat badan ke posisi ideal. Rasanya begitu sulit meski Anda sudah optimal melakukan olahraga.

Dr. Tim Crowe, ilmuwan nutrisi mengungkapkan alasan mengapa Anda sangat mudah menambah berat badan tetapi sulit untuk menurunkannya ketika sedang melakoni diet.

Diet ketat membuat Anda kelaparan dan mengubah metabolisme menjadi lambat. Hal tersebut berpengaruh terhadap naiknya berat badan menjadi lebih mudah tiga kali lipat dibanding Anda tak melakukan diet.

Pada dasarnya, setelah diet Anda cenderung makan lebih banyak untuk membayar rasa lapar yang terpendam. Inilah yang memicu pertambahan berat badan.

Karenanya, ahli gizi menyarankan untuk konsultasi dengan ahli untuk menemukan diet yang tepat. Jika diet tepat, Anda tak akan merasa kelaparan.

Makanlah sebanyak yang Anda butuhkan untuk merasa kenyang, dan pastikan Anda makan yang benar untuk memberi nutrisi yang cukup bagi tubuh.

Diet juga bisa gagal akibat pola pikir diri Anda sendiri. Jika rencana menurunkan berat badan tidak diiringi dengan niat dan tekad yang kuat, maka saat istirahat diet Anda cenderung akan makan apapun yang lebih banyak dan tidak direncanakan. Inilah yang dapat menambah berat badan dengan cepat.

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menghindari kenaikan berat badan yang cepat setelah diet? Jangan terlalu membatasi diri. Ajari diri Anda untuk memiliki pandangan yang lebih sehat dan seimbang. Ini akan jadi cara hidup dan lebih mudah untuk mempertahankan berat badan ideal yang sudah berhasil dicapai.


(DEV)