Code C Percepat Penanganan Pasien Serangan Jantung

   •    Kamis, 15 Jun 2017 23:34 WIB
kesehatan jantung
Code C Percepat Penanganan Pasien Serangan Jantung
(Foto: CDN)

Metrotvnews.com, Purwakarta: Siloam Hospital Purwakarta mengembangkan layanan cepat dan akurat untuk menangani pasien serangan jantung (Infark Miokard Akut) di Emergency Department dengan menerapkan "Code C."

"Code C" merupakan kode panggilan ke unit-unit terkait penanganan jantung ketika ada pasien serangan jantung datang ke Emergency Department.

Target waktu penanganan pasien serangan Jantung dari mulai datang ke Emergency hingga pemberian suntikan  fibrinolitik adalah 30 menit. Tindakan segera diharapkan dapat mengurangi kesakitan, bahkan kematian.

Pembahasan mengenai serangan jantung dan penanganannya dilakukan oleh dr Mira Rahmawati, SpJP dan dr Reza Syahrial selaku Head of Emergency Department (Kepala Departemen Unit Gawat Darurat) Siloam Hospitals Purwakarta pada acara Buka Puasa Bersama yang diisi dengan kegiatan pemberian santunan kepada 20 orang anak yatim Yayasan Al-Hikmah, Kamis (15/6/2017).

Berdasarkan data statistik dunia, penyakit jantung menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia, begitu juga di Indonesia, yang mana dari 100 ribu orang, 151 di antaranya meninggal karena jantung koroner.

Gejala serangan jantung tidak memandang usia atau pun jenis kelamin. Sebanyak 43 persen wanita yang memiliki riwayat penyakit jantung tidak mengalami nyeri dada sama sekali seperti yang selama ini dikenal sebagai tanda umum penyakit jantung.

Peluang untuk bertahan hidup dari serangan jantung sebesar 23 persen jika ditangani atau diobati segera dalam waktu tiga jam, dan 50 persen jika pasien ditangani dalam waktu satu jam. Dengan penerapan Code C, diharapkan ada lebih banyak nyawa yang bisa terselamatkan


(DEV)