Begini Cara Kerja Alkohol pada Tubuh bila Dikonsumsi Berlebihan

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 14 Jul 2018 18:24 WIB
studi kesehatan
Begini Cara Kerja Alkohol pada Tubuh bila Dikonsumsi Berlebihan
(Foto: Sciencealert)

Jakarta: Sebuah penelitian  menemukan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah banyak menyebabkan absorpsi besi yang tidak terkendali ke dalam tubuh sehingga menekan organ vital dan meningkatkan risiko kematian.

Studi dari Anglia Ruskin University tersebut mengamati hasil kesehatan pada 877 wanita di Afrika sub-Sahara selama  sembilan tahun secara berkala.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar ferritin, penanda darah terhadap tingkat pemuatan besi dalam tubuh, lebih tinggi pada peminum alkohol dibandingkan non-peminum.

Pembebanan besi terjadi ketika regulasi zat besi di tubuh terganggu oleh konsumsi alkohol, yang menyebabkan lebih banyak besi diserap. Akibatnya, muncul masalah kesehatan seperti serangan jantung, penyakit hati dan diabetes.

Studi tersebut menemukan bahwa tingkat feritin  dan interaksi statistik yang lebih tinggi dengan alkohol pada subjek ini memprediksi semua penyebab dan mortalitas kardiovaskular.

Artinya, signifikansi prognostik pemuatan besi tergantung pada konsumsi alkohol.

"Pembebanan besi menempatkan tekanan pada khususnya sistem kardiovaskular melalui oksidasi, yang dapat menyebabkan kerusakan sel, protein dan DNA," tukas pemimpin studi Dr Rudolph Schutte, dilansir dari The Health Site.

Hubungan antara zat besi dan mortalitas telah diperdebatkan selama sekitar 30 tahun, tetapi penelitian tersebut adalah yang pertama dalam menyelidiki signifikansi interaksi antara pemuatan besi dan asupan alkohol.

Temuan tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Clinical Nutrition.





(DEV)