Selain Daun Katuk, Empat Makanan Ini Bantu Tingkatkan Produksi ASI

Nia Deviyana    •    Senin, 06 Aug 2018 16:03 WIB
pekan asi sedunia 2018
Selain Daun Katuk, Empat Makanan Ini Bantu Tingkatkan Produksi ASI
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Ada banyak faktor yang memengaruhi jumlah ASI yang Anda produksi. Selain kondisi psikologis, makanan yang Anda konsumsi juga berpengaruh. 

Dilansir dari Todays Parent, ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI selain daun katuk. 

1. Barley

Barley merupakan sumber makanan yang kaya beta-glukan, polisakarida yang terbukti meningkatkan kadar prolaktin (hormon menyusui). Anda bisa menambahkan biji-bijian ini pada sup atau dibuat bubuk untuk ditambahkan pada susu.

2. Pepaya

Tak hanya meningkatkan kesehatan usus, pepaya ternyata efektif meningkatkan pasokan ASI. Lebih bagus apabila Anda makan pepaya yang masih mengkel atau tidak terlalu matang.

3. Gandum

Pernah mendengar atau mencoba kue laktasi yang terbuat dari gandum? Ya, gandum memang memiliki zat besi yang tinggi yang mampu meningkatkan pasokan ASI. 

4. Bayam

Makanan kaya zat besi seperti bayam selain dapat mengatasi pendarahan postpartum usai melahirkan, juga dapat meningkatkan produksi ASI. Penelitian menunjukkan bahwa produksi zat besi yang rendah berkaitan dengan pasokan ASI yang sedikit. Makanan yang mengandung zat besi lainnya, antara lain daging merah, kacang, buncis, dan sayuran hijau.

Penting dipahami bahwa makan makanan sehat selama menyusui bukan hanya untuk meningkatkan pasokan ASI, tetapi juga agar tubuh Anda sehat. 

Selain makanan di atas, tambahkan juga asupan buah-buahan, sayuran, dan lemak sehat. 

Penting juga bagi Anda untuk menyusui bayi secara teratur. Ketika payudara sering kosong, maka lebih banyak susu diproduksi. 





(DEV)