Tujuh Makanan yang Buruk untuk Tulang

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 21 Jun 2018 15:50 WIB
kesehatan tulang
Tujuh Makanan yang Buruk untuk Tulang
Alkohol berkaitan dengan risiko fraktur osteoporotik dan kepadatan tulang yang rendah. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Jakarta: Menjaga kesehatan tulang adalah hal yang penting karena bagian satu ini berfungsi menopang tubuh. Tanpa tulang yang kuat dan sehat, postur tubuh tak bisa maksimal. 

Salah satu cara menjaga kesehatan tulang adalah dengan memerhatikan makanan yang diasup. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari demi memiliki tulang yang sehat dan kuat seperti dilansir dari laman The Health Site.

1. Alkohol
Alkohol berkaitan dengan risiko fraktur osteoporotik dan kepadatan tulang yang rendah. Artinya, minuman keras tersebut dapat membuat tulang rapuh. Akibatnya, bisa terjadi peradangan dalam tubuh yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan penyembuhan tulang dimana risiko fraktur lebih besar. 

(Baca juga: Alkohol Berdampak Buruk Terhadap Tulang)

2. Garam
Siapa sangka bumbu satu ini buruk untuk tulang. Selain menyebabkan hipertensi, konsumsi sodium atau garam berlebih dapat menyebabkan penyerapan kalsium yang berujung pada osteoporosis. 


(Alkohol berkaitan dengan risiko fraktur osteoporotik dan kepadatan tulang yang rendah. Artinya, minuman keras tersebut dapat membuat tulang rapuh. Akibatnya, bisa terjadi peradangan dalam tubuh yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan penyembuhan tulang dimana risiko fraktur lebih besar. Foto: Yuanbin Du/Unsplash.com)

3. Soda
Dilansir dari The Health Site, minuman tinggi gula ini tak baik untuk tubuh. "Konsumsi minuman soda berhubungan dengan peningkatan fraktur," sebut laman yang sama.

4. Kopi dan teh
Minuman yang digemari banyak orang ini mengandung kafein yang dapat mengurangi mineralisasi tulang sehingga membuat tulang lebih rentan mengalami fraktur dan osteoporosis.

5. Sayurang nightshade
Beberapa jenis sayuran kategori ini adalah terung, tomat, kentang, dan cabai. Sayuran tersebut mengandung alkalodi, yang dapat meingkatkan gejala rematik. 

6. Bayam
Sayuran satu ini mengandung banyak oksalat. Meskipun merupakan sumber kalsium yang baik, tubuh sulit untuk mengekstrak nutrisi pembangun tulang dari makanan yang mengandung oksalat. Konsumsi bayam sebaiknya tak terlalu berlebihan.

7. Daging merah 
Selain berisiko kanker usus besar, daging merah juga dapat memengaruhi kesehatan tulang. Sebuah studi tahun 2017 menyimpulkan bahwa mengurangi daging merah memiliki dampak positif pada kesehatan tulang.





(TIN)