Lima Cara agar Anak Cepat Tidur

Raka Lestari    •    Minggu, 08 Apr 2018 15:10 WIB
tips & trik
Lima Cara agar Anak Cepat Tidur
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Salah satu hal yang menantang bagi orang tua selain menyuapi anak adalah menidurkan anak. Menurut Jennifer Waldburger, co-creator dari Sleepy Planet Parenting, seiring dengan berkembangnya teknologi, Anda tetap bisa menemukan cara yang tepat dan efektif untuk membuat anak-anak Anda tidur lebih awal.

Apa saja cara yang bisa membuat anak-anak menjadi mudah tertidur? Berikut dilansir dari Huffington Post.

1. Matikan seluruh alat elektronik 

Meskipun beberapa perangkat sekarang tersedia tanpa cahaya biru, yang diketahui bisa menstimulasi otak, perangkat elektronik itu sendiri masih memiliki efek membuat anak tetap terjaga.
 
2. Bangun koneksi
 
Duduk berdampingan sambil menonton televisi dengan anak mungkin terasa seperti melakukan interaksi, tetapi sebenarnya tidak ada interaksi apapun, kata Waldburger. 

"Jika Anda dan anak tidak memiliki waktu untuk benar-benar terkoneksi dengan orang tuanya, dia akan mencari Anda tengah malam."

Daripada menonton televisi, cobalah bermain dengan tenang dengan balok-balok atau boneka binatang di lantai bersama. Ceritakanlah sesuatu kepada anak Anda atau dengan mengobrol santai. 
 
3. Ajarkan pernapasan perut
 
Ritual yang terinspirasi dari kegiatan yoga ini telah dipraktekkan oleh berbagai budaya di seluruh dunia selama berabad-abad.  Anak bisa mendapat manfaat dari latihan ini juga, kata Waldburger. "Mulailah dengan menyuruh anak Anda berbaring telentang di tempat tidur, kemudian letakkan buku ringan atau boneka binatang di perutnya," sarannya.  

"Katakan kepada anak untuk menghirup dan menghembuskan napas dalam-dalam, menggembungkan perutnya dengan udara setiap kali bernapas. Latihan ini melemaskan otot-otot, dan membantu seorang anak menjadi fokus, dan merasa tenang."
 
4. Bayangkan secangkir coklat panas
 
Dalam latihan yang sama, beri tahu si kecil untuk menangkupkan tangan seolah-olah mereka memegang cangkir besar cokelat panas.  Katakan kepada mereka untuk membayangkan menghirup dalam-dalam untuk menghirup aroma minuman, lalu mengembuskan napas dalam-dalam seolah-olah mereka meniup di atas terlalu dinginkan minuman. Kegiatan ini membuat pikiran anak-anak menjadi fokus dari gangguan di sekelilingnya, dan membantunya mencurahkan perhatiannya pada kejadian yang sedang terjadi. 
 
5. Ajarkan bagaimana untuk merasa rileks
 
Berbaring dengan nyaman di tempat tidur, suruh anak menarik napas besar dan melepaskannya. Mulailah dengan otot-otot kepala dan leher, dan kerjakan sampai ke jari-jari kaki, sampai seluruh tubuh tegang dan rileks.


Lihat video:




(DEV)