Beberapa Makanan Ini Baik untuk Usus Anda

Torie Natalova    •    Jumat, 25 May 2018 18:41 WIB
tips ramadan
Beberapa Makanan Ini Baik untuk Usus Anda
Alpukat kaya akan omega-3 asam lemak yang membantu untuk melumasi dinding usus. Tentu saja ini berperan dalam mencegah racun untuk menempal pada dinding usus. (Foto: Chris Ralston/Unsplash.com)

Jakarta: Usus membutuhkan makanan-makanan yang sehat agar pencernaan Anda tetap kuat mencerna asupan makanan yang dikonsumsi.

Cobalah mulai kini untuk membiasakan makan makanan yang bergizi untuk mengurangi risiko terkena penyakit di usus besar. Dan berikut ini, adalah makanan-makanan yang baik untuk membersihkan usus Anda. 

1. Bawang Putih
Bawang putih merupakan salah satu makanan terbaik untuk membersihkan usus besar. Sayuran beraroma tajam ini kaya akan anti-virus, anti-bakteri dan banyak sifat anti-parasit yang sangat baik untuk tubuh.

Sementara itu, bawang putih juga membantu untuk membuang racun, patogen dan parasit dari saluran pencernaan tubuh Anda dan khususnya bekerja pada bagian sistem usus.

2. Biji-bijian
Pastikan biji-bijian selalu hadir dalam menu makanan Anda karena biji-bijian sangat ahli dalam pembersihan usus dan membuat pencernaan Anda menjadi lebih baik lagi. Biji-bijian juga kaya akan serat dan rendah kalori sehingga tetap untuk membuat kolesterol Anda tetap stabil.

(Baca juga: Studi: Puasa 5 Kali dalam Sebulan Turunkan Risiko Penyakit)

3. Teh hijau
Teh hijau jadi pilihan yang tepat untuk membuang racun dalam tubuh. Buatlah minuman sederhana ini untuk Anda konsumsi sehari-hari. Teh hijau yang sarat dengan antioksidan mampu meningkatkan fungsi usus yang membantu dalam pembersihan usus. Dan teh hijau juga masih memiliki manfaat-manfaat kesehatan lainnya untuk tubuh Anda.


(Biji rami termasuk tanaman obat yang bisa dijadikan obat herbal. Nutrisi dalam biji rami sangat berguna dalam mencegah kanker terutama kanker usus besar. Selain itu, biji rami juga kaya akan omega-3 asam lemak yang mengurangi peradangan. Foto: Mariana Medvedeva/Unsplash.com)

4. Sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau membersihkan sistem usus dan melindungi saluran pencernaan dari berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan. Terutama untuk sayuran hijau yang berwarna gelap itu berkhasiat baik dalam penghentian pertumbuhan bakteri dan juga menghilangkan bakteri dari usus besar.

5. Alpukat
Alpukat kaya akan omega-3 asam lemak yang membantu untuk melumasi dinding usus. Tentu saja ini berperan dalam mencegah racun untuk menempal pada dinding usus. Makan alpukat secara rutin bisa membantu dalam proses pembersihan usus sehingga tidak ada kendala yang ditakutkan.

6. Biji rami
Biji rami termasuk tanaman obat yang bisa dijadikan obat herbal. Nutrisi dalam biji rami sangat berguna dalam mencegah kanker terutama kanker usus besar. Selain itu, biji rami juga kaya akan omega-3 asam lemak yang mengurangi peradangan.

Anda bisa mengolah bici rami sesuai selera Anda, karena seperti yang Anda tahu, biji rami sangat baik untuk melawan kanker usus dan sudah pasti membantu dalam proses pembersihan usus.




(TIN)